Bolehkah Mandi Saat Kita Terkena Cacar Air?

Bolehkah Mandi Saat Kita Terkena Cacar Air?

Ketika kita sedang terserang cacar air maka kita sering mendengar tentang nasihat orang lain bahwa kita tidak boleh mandi saat terkena cacar air sampai kita sembuh total. Karna agar tidak terjadi infeksi yang disebabkan oleh cacar air, nah apakah hal ini benar? bagaimana menurut pandangan medis?

Benarkah cacar air hanya menyerang anak-anak?

Penyakit cacar air menurut medis disebut dengan varicella, umumnya diderita oleh anak-anak yang berusia sekitar 10 tahun kebawah. Namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa menyerang orang dewasa. Bahkan umunya gejala yang muncul lebih berat jika cacar air terjadi pada orang dewasa daripada anak-anak. Hampir semua orang dewasa yang pernah mengidap cacar air tidak akan tertular lagi, artinya cacar air tidak akan kita alami lebih dari sekali.

Penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama varicella zoster ini umunya ditandai dengan kemunculan ruam pada kulit sebagai gejala utamanya. Ruam pada kulit akan berubah menjadi bintik-bintik merah yang membuat cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng dan terkelupas dalam waktu 7-14 hari. Dan bintil cacar air ini biasanya akan muncul pada wajah, belakang telinga, kulit kepala, dada perut, lengan, serta kaki.

Karena muncul bintil pada orang yang sedang mengalami cacar air membuat banyak orang beranggapan bahwa kita tidak boleh mandi saat cacar air. Gejala awalnya akan terasa demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah.Kemerahan pada kulit akan berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis. Masa inkubasi virus varicella zooster adalah 10-21 hari jadi setelah terinfeksi oleh virus maka gejala cacar air akan muncul 10-21 hari kemudian.

Benarkah cacar air tidak boleh terkena air?

Sebagaimana halnya sebuah virus, varicella yang bisa menyerang siapa saja, tetapi tidak ada kewajiban bahwa seseorang terkena virus itu tidak boleh terkena air apalagi untuk mandi, justru hal itu sangat salah karena kualitas kekebalan tubuh kita akan terjaga dengan cara menjaga kebersihan tubuh kita contohnya dengan mandi secara rutin dan cuci tangan saat sebelum makan. Dan kita memerlukan makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan, dan gizi yang seimbang serta istirahat yang cukup.

Secara medis tidak ada larangan mandi pada penderita cacar air, maka untuk itu sebaiknya kita tetap mandi dengan air mengalir dan sabun mandi antiseptik agar higienitas tubuh tetap terjaga dan mencegah infeksi virus cacar. Namun kita perlu berhati-hati saat mandi jagalah agar lentingan berisi air pada kulit agar tidak pecah.

Sedangkan cara untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kita bisa dengan menggunakan bedak salisil bedak ini berfungsi membuat lentingan kulit untuk tetap kering dan mencegahnya agar tidak pecah apabila lentingan sudah pecah maka akan terjadi infeksi sekunder dan bisa diberikan salep antibiotik.

READ  Cara Alami Mengobati Mata Minus
Tags: