Cara Bercukur Untuk Pria Yang Mempunyai Kulit Berjerawat

Mencukur jenggot merupakan sebuah keharusan bagi sebagian pria karna merupakan dari sebagian penampilan pria. Apa lagi jika kita mempunyai jerawat dipermukaan kulit wajah kita, kita harus berhati-hati dalam mencukur kumis atau jengot kita karna jika tidak berhati-hati pisau cukur dapat melukai jerawat dan membuatnya bertambah parah. Cara bercukur yang salah juga bisa memengaruhi kebersihan kulit dan meningkatkan risiko terbentuknya jerawat baru.

Tips Bercukur Dengan Baik & Benar

Bercukur dengan mempunyai jerawat diwajah memang gampang-gampang susah. Meski demikian hal ini sepadan dengan wajah bersih yang segar yang akan kita dapatkan nanti. Dan berikut adalah beberapa tips mencukur dengan benar.

1. Membersihkan wajah

Membersihkan wajah bermanfaat untuk mengurangi jumlah bakteri dan kotoran yang ada pada kulit. Apabila kebersihannya selalu terjaga, kulit wajah kita akan mudah berjerawat selama mencukur kumis atau jenggot. Biasanya orang yang mudah jerawat memiliki kulit yang cenderung berminyak. Untuk itu kita wajib membersihakn dulu wajah kita.

Tepuk-tepuk dengan handuk lembut, lalu lanjutkan menggunakan astringent atau toner. Pililah produk yang mengandung asam salisilat atau glycolic acid yang bisa menghilangkan minyak berlebih. Biarkan wajah kulit mengering sejenak sebelum mulai bercukur.

2. Memilih pisau cukur single atau elektrik

Ada beberapa merek alat cukur menggunakan pisau ganda untuk mengoptimalkan hasil cukurnya. Namun perlu kita ketahui pisau cukur ganda sebenarnya bisa menciptakan gesekan dengan kulit sehingga kulit semakin mudah iritasi.

Dan untuk kita yang memiliki jerawat yang berlebih dimuka baiknya kita menggunakan alat cukur single atau alat cukur elektrik yang aman bagi permukaan kulit, tetapi mungkin hasilnya tidak akan seoptimal pisau cukur ganda.

3. Tidak mencukur bagian kulit yang berjerawat

Dengan kita mencukur jengot dibagian kulit berjerawat itu sama saja malah akan melukai kulit dan menyebabkan infeksi yang justru bikin jerawat lebih lama sembuh dan akhirnya kita justru beresiko memiliki bekas luka jerawat.

READ  Tips Ampuh Mengatasi Diare Dengan Cara Herbal

4. Bercukur mengikuti arah yang benar

Mencukur jenggot dengan arah yang salah bisa mengakibatkan rambut tubuh ke dalam sehingga akan memicu iritasi dan membuat kulit lebih mudah berjerawat. Cara yang tepat untuk mencegahnya adalah dengan bercukur mengikuti arah tumbuhnya jenggot.

Bila kita bercukur melawan arah dengan tumbuhnya jenggot memang dapat memaksimalkan Panjang jenggot yang tercukur. Akan tetapi kebiasaan ini akan turut menarik kulit di sekitar jenggot dan memperparah gangguan kulit yang sudah ada.

5. Bercukur menggunakan trimer

Setiap orang yang memiliki kulit yang sensitive jika bercukur dengan pisau cukur yang lembut sekalipun tetap bisa memicu iritasi kulit. Jika kita mengalami masalah tersebut mungkin ini saatnya kita mengganti pisau cukur dengan trimmer.

Trimmer memang tidak akan mencukur jenggot dengan sempurna, tapi alat ini jauh lebih aman dan lembut bagi pemilik kulit yang sensitive. Karena trimmer tidak akan menimbulkan gesekan kasar seperti yang diakibatkan oleh pisau cukur.

6. Bersihkan wajah setelah bercukur

Usai bercukur, bersihkan wajah secara menyeluruh dengan air dingin. Karena air dingin dapat membantu mencegah peradangan pada kulit wajah akibat gesekan antara pisau cukur dengan kulit. Kemudian oleskan gel atau krim pelembap yang berguna untuk menutup pori-pori dan mengunci kelembapan kulit. Jika kita hendak berpegian ke luar rumah.

Bagi kita yang mempunyai wajah yang mudah berjerawat pastikan kita selalu membersihkan wajah sebelum bercukur. Pililah pisau cukur yang sesuai dengan kondisi kulit dan bercukurlah mengikuti arah tumbuhnya rambut untuk mencegah iritasi pada kulit kita.

Tags: