Cara Mengatasi Bisul Dengan Bahan Alami

Sebagian orang dari kita mungkin pernah mengalami masalah dengan penyakit bisul, yang biasanya terjadi di area wajah, leher, ketiak, bahu, dan bokong. Bisul biasanya terjadi saat kita masih. Tetapi tak menutup kemungkinan saat kita beranjak dewasa pun kita bisa terkena penyakit ini. Masalah pada kulit ini bisa menyakitkan dan juga memalukan sehingga penting bagi kita untuk segera mengatasi bisul agar segera hilang.

Bisul adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri, bakteri yang biasanya menyebabkan bisul adalah bakteri staphylococcus. Bakteri ini masuk melalui rongga atau luka kecil yang ada dikulit, kemudian berjalan ke bawah folikel rambut atau kelenjar minyak pada kulit yang dapat menyebabkan infeksi. Awalnya kulit yang terinfeksi tersebut akan menjadi kemerahan lalu muncul benjolan yang terus berkembang. Akan terasa sakit dan hangat setelah empat atau tujuh hari. Benjolan tersebut mulai berubah warna menjadi putih yang berisi nanah.

Obat bisul dengan bahan alami

Bisul yang masih belum terlalu besar atau belum terlalu parah mungkin bisa kita tangani dengan menggunakan obat-obattan alami. Berikut adalah daftar tanaman herbal yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit bisul ini:

1. Kunyit

Kunyit ternyata dipercaya bisa menyembuhkan rasa nyeri pada bisul. Kunyit memiliki kandungan antiperadangan dan antibakteri sehingga akan efektif dalam membasmi bakteri penyebab bisul. Caranya:

  • Siapkan kunyit secukupnya
  • Lalu buang kulit kunyit dan tumbuk kunyit hingga halus tambahkan garam secukupnya
  • Letakkan kunyit yang sudah ditumbuk di atas bisul
  • Diamkan hingga kering

2. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh ternyata dipercaya bisa mengobati bisul. Minyak pohon teh mengandung agen antiperadangan dan antibakteri. Cara penggunannya dengan oleskan secara lansung pada bisul untuk mengurangi pembengkakan dan menghilangkan infeksi.

READ  Mengatasi Penyakit Vertigo Dengan Bahan Alami

3. Kompres Hangat

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mempercepat penyembuhan bisul adalah dengan cara mengompres bisul dengan air hangat. Terapkan kompres air hangat pada bisul selama 10 menit sebanyak 3-4 kali sehari. Panas dapat meningkat sirkulasi darah kebagian yang terkenan infeksi, sehingga dapat mempercepat penyembuhan. Guna air hangat adalah untuk mengurangi rasa sakit dan membantu menarik nanah dalam sirkulasi bisul keluar. Bersihkan nanah yang keluar dengan baik lalu tutup bisul dengan kasa untuk mencegah penyebaran infeksi.

4. Daun Sirih

Bahan terakhir yang bisa menjadi cara alami untuk menangani bisul adalah dengan menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya. Daun sirih ini memiliki beberapa kandungan yang berguna untuk mengatasi virus yang ada di penyakit bisul ini. Cara penggunaannya:

– Siapkan beberapa helai daun sirih dan cuci bersih

– Tumbuk hingga halus dan tambahkan beberapa sedikit garam

– Simpan tumbukan daun sirih tadi diatas bisul dan tutup dengan perban agar cairan dari daun sirih bisa menyerap

– Diamkan hingga kering. (jangan heran bila akan terasa nyeri)

Obat bisul yang ada dipasaran

Selain menggunakan obat alami. Penyakit bisul ini bisa menggunakan dengan obat yang dijual dipasaran. Beriku adalah beberapa obat yang bisa membantu mengobati bisul kita:

  1. Mupicorin Salep

Obat antibiotic ini bisa mengobati bisul dengan cara penggunaan topical (dioleskan). Mupicorin salep ini dikenal sebagai asam monoxycarbolic. Obat ini sangat efektif dalam melawan bakteri penyebab infeksi (bisuk).

  1. Gentamicin Salep

Obat golongan antibiotic ini juga dipercaya dapat mengobati bisul pada kulit. Cara penggunaan salep ini yaitu dengan cara mengoles tipis sedikit saja sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Disarankan untuk tidak menggunakan salep ini lebih dari 2minggu.

  1. Benzocaine
READ  Tips Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala

Salep yang satu ini membantu meredakan sakit akibat bisul. Salep ini mengandung kandungan tran misi sinyal rasa sakit. Penggunaan salep ini hanya cukup dioles tipis saja pada area bisul.

Jika kita mengalami demam. Bengkak pada kelenjar getah bening, kulit disekitar bisul memerah dan sakit yang tak tertahankan, ada baiknya kita segera konsultasikan dengan dokter.

Tags: