Cara Mengatasi Insomia Tanpa Obat

Kurang tidur akan mengakibatkan menurunnya fungsi tubuh, mulai dari hilangnya kosentarasi dan daya tahan tubuh yang melemah. Walau demikian bukan berarti kita harus mengandalkan obat tidur jika kita mengalami insomnia atau sulit tidur. Harus kita ketahui juga penyebab terjadinya insomnia yang paling mudah adalah kecemasan, stress dan kebiasaan tidur yang buruk, insomnia biasanya menyerang usia-usia 20-40 tahun. Sebelum tergoda untuk mengonsumsi obat tidur, sebaiknya kita lakukan dulu cara-cara sederhana tapi efektif untuk mengatasi insomnia.

  1. Membaca buku

Beberapa kali terbangun pada malam hari dan sulit untuk tidur kembali adalah hal yang sering dialami penderita insomnia. Salah satu cara untuk mengatasi insomnia adalah dengan mencoba untuk membaca buku dengan durasi 20-30 menit. Dan jika cara itu tidak efektif dalam mengatasi insomnia maka coba dengan mendengarkan music dan jauhi dari gadget karena cahaya biru yang dipancarkan dari gadget justru bisa mengganggu produksi hormone melatonin

  1. Mengonsumsi kiwi

Buah kiwi kaya akan kandungan melatonin. Melatonin bisa membantu kita tertidur dengan lelap, mengonsumsi buah yang mengandung melatonin memungkinkan tubuh untuk tidur lebih nyenyak. Seperti buah kiwi, bahkan riset membuktikan bahwa mereka yang makan 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur selama 4 minggu menunjukan peningkatan efisiensi, dan kualitas tidur.

  1. Minum jus ceri tart

Riset membuktikan pada tahun 2018, mereka yang minum 1 cangkir jus ceri tart 2 kali sehari selama 2 minggu, mengalami peningkatan waktu tidur sebanyak 84 menit. Cara lain adalah mengonsumsi segelas susu hangat sekitar 1 jam sebelum waktu tidur untuk mengundang kantuk

  1. Coba Teknik relaksasi

Tubuh yang rileks akan membuat anda tidur lebih nikmat. Oleh karna itu disarankan untuk menghindari melakukan pekerjaan yang merangsang aktivitas mental 20 hingga 30 menit sebelum tidur. Sebaiknya kita menggunakan waktu tersebut untuk kegiatan yang lebih santai. Seperti relaksasi otot yang membantu untuk tidur nyenyak.

  1. Makan malam lebih awal
READ  Tips Mengatasi Sakit Gigi Dengan Alami

Kondisi seperti makanan juga ternyata menentukan kualitas tidur seseorang. Cobalah untuk makan malam 3-4 jam sebelum tidur, jika perut kita terisi banyak makanan sebelum tidur terutama makanan yang penuh lemak bisa menyebabkan refluks atau naiknya asam lambung yang menganggu tidur.

  1. Singkirkan televisi dari kamar anda

Menurut para ahli, jika kita meletakan televisi di kamar tidur bisa memperparah kondisi insomnia kita. Karna suara dan cahaya yang dipancarkan televisi bersifat merangsang otak.

Tags: