Cara Mengatasi Ngatuk Tanpa Kopi dan Obat

Tren coffe akhir-akhir ini sudah berkembang di kota-kota besar di indonesia. Meminum kopi memang sudah menjadi kebiasaan orang indonesia dari sejak dahulu, indonesia sendiri adalah salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. kopi tidak hanya dinikmati oleh orang tua saja, tetapi saat ini kopi juga digemari oleh remaja dan anak-anak muda.

Kopi dianggap dapat memberikan energi lebih lebih karna kafein yang ditemukan pada 2 sampai 3 gelas kopi atau sekitar 200-300 mg dapat menyebabkan lebih energik dan lebih aktif. Tidak salah jika kopi dianggap sebagai doping sebelum memulai aktivitas sehari-hari, kopi juga dijadikan sebagai pemberi energi ketika rasa kantuk datang. 

Efek Yang Ditumbulkan Dari Kopi

Kafein memang akan membuat seseorang menjadi kecanduan jika diminum secara berlebihan, misalnya 2 sampai 3 gelas per hari. Ada beberapa dampak positif dan negatif ketika mengkonsumsi kopi, diantaranya:

  • Meningkatkan kewaspadaan ketika kita menjadi lebih segar, tingkat kewaspadaan terhadap suatu pun bertambah. ini yang membuat seseorang yang mengkonsumsi kopi menjadi lebih mudah cemas dan cepat marah.
  • Mengurangi koordinasi motorik. Walaupun demikian saat kita mengonsumsi kopi detak jantung kita akan meningkat karena memompa aliran lebih cepat, biasanya pada tahap tertentu orang yang meminum kopi akan menjadi gelisah.

Akibat rasa gelisah tersebut orang yang cenderung minum kopi akan mengalami gangguan tidur. Mengonsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomia. Biasanya takaran kafein dalam suatu produk kopi akan berbeda.

Bagaimana Mengatasi Ngatuk Tanpa Kopi?

Tidak ada hal yang tidak mungkin mengatasi kantuk tanpa mengkonsumsi kopi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak kecanduan minum kopi saat rasa mengantuk datang, berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan:

  • Sarapan pagi
READ  Cara Alami Mengobati Mata Minus

Rasa mengantuk datang tidak hanya di malam hari, tetapi bisa datang kapan saja termasuk di pagi hari. Rasa mengantuk juga disebabkan oleh rasa lelah bukan hanya jam tidur yang kurang. Ketika kita melewatkan sarapan di pagi hari, rasa lapar akan datang lebih cepat, akibatnya kita tidak memiliki energi dan lebih mudah mengantuk. Sarapan membuktikan bahwa kinerja fisik dan mental dapat berjalan dengan baik sepanjang hari daripada yang tidak melakukan sarapan. Namun dalam sarapan perlu diperhatikan, hindari makanan yang berat yang mengandung banyak karbohidrat.

  • Minum air putih

Air putih diikat oleh darah lalu berfungsi untuk memberi oksigen pada otak. Minum air putih dalam jumlah yang wajar dan normal bisa menjaga tubuh kita dari rasa kantuk. Ketika kita dehidrasi jantung akan memompa lebih keras, hal ini yang menyebabkan lebih cepat kelelahan. Jika kita minum air putih dengan cukup, maka urin yang dikeluarkan dari diri kita akan berwarna jernih atau kekuningan.

  • Olahraga ringan

Olahraga ringan bisa menghasilkan adrenalin pada diri kita terpacu, sehingga kembali waspada. Kita hanya perlu merengangkan otot-otot, stretching ringan atau lompat-lompat pelan. Kita juga bisa berjalan-jalan ke luar ruangan sebentar untuk menghirup udara segar.

  • Mencuci muka

Mencuci muka atau mandi bisa menghilangkan rasa kantuk. Tubuh akan kembali segar, terapi ini dapat menetralisir suasana hati dan membangkitkan energi saat merasa kewalahan.

  • Atur jam tidur

Atur jam tidur setiap hari, usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya, sekitar 6 jam per hari. Hentikan memainkan telepon genggam kita atau menonton TV 20 menit sebelum kita tidur. Karna tidur yang cukup akan mengurangi rasa lelah, stress dan cemas pada diri kita.

  • Mendengarkan musik
READ  Tips Menambah Tinggi Badan Dengan Sehat

Mendengar musik bisa menjadi salah satu alternatif lainnya untuk menghindari minum kopi dan mengomsi obat-obatan. Pilihlah musik yang membuat semangat kembali. Selain dapat membangkitkan semangat musik juga bisa menenangkan pikiran kita. Berdasrakan penelitian yang mengatakan bahwa orang yang berlari di treadmil dengan mendengarkan musik dapat berlari lebih cepat dibanding yang tidak.

Tags: