Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Tonsilitis adalah dimana kondisi yang terjadi saat kita menderita amandel. Hal ini bisa disebakan oleh infeksi abkteri dan virus yang sering membuat kita menjadi khawatir. Berikut adalah cara pengobatan dengan cara alami untuk amandel.

Cara mengobati amandel secara alami

Tonsillitis umumnya disebabkan infeksi bakteri atau virus yang dapat menyebabkan anak mengalami gejala radang, sakit tenggorokan, sakit saat menelan, demam, hingga sakit telinga. Biasanya gejala ini memerlukan antibiotic untuk mengatasinya. Namun ada beberapa cara alami yang secara efektif bisa mengobati atau mengurangi gejala tonsillitis ini.

  1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat yang ditambahkan garam bisa membantu meringankan sakit tenggorokan dan nyeri yang disebabkan oleh tonsillitis. Campuran ini juga dapat mengurangi peradangan dan bahkan dapat membantu mengobati infeksi. Cara penggunannya:

  • Aduk sekitar ½ sendok garam dalam segelas air hangat.
  • Aduk hingga larut dalam air.
  • Berkumurlah selama beberapa detik, kemudian keluarkan.
  • Bilas dengan air hangat biasa.

Berkumur dengan air hangat dicampur garam dapat membantu meringankan sakit

  1. Teh hangat dengan madu

Cara mengobati amandel yang ke-2 secara alami adalah dengan meminum hangat teh yang disampurkan dengan tambahan madu. Madu yang ditambahkan dengan the memiliki sifat antibakteri yang kuat dan dapat membantu mengobati infeksi yang menyebabkan tonsillitis. Minum teh hangat dengan campuran madu bisa bersifat sebagai antiradang yang dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan.

  1. Humidifiers

Humidifiers berguna untuk meringankan sakit tenggorokan jika udara kering, atau ketika kita mengalami mulut kering akibat tonsillitis. Udara yang kering dapat mengiritasi tenggorokan. Humidifiers juga membantu menenangkan ketidaknyamanan di tenggorokan dan amandel dengan menambahkan kelembapan diudara.

Kenapa Harus Memeriksakan Ke Dokter?

READ  Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Setelah melakukan cara mengobati amandel secara alami. Ada gejala tertentu yang menunjukan bahwa kita mungkin perlu menemui dokter untuk menjalani perawaran lebih lanjut. Beberapa jenis infeksi bakteri yang dapat mempengaruhi amandel, seperti radang tenggorokan memerlukan rersep antibiotic untuk pengobatan.

Kunjungi dokter jika kita mengalami gejala berikut:

  • Demam
  • Sakit tenggorokan atau gatal yang terus menerus dan tidak hilang dalam 24-48 jam
  • Sakit saat menelan
  • Adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Jangan pernah menyepelakan suatu penyakit!

Tags: