Cara Mengobati TBC Dengan Bahan Alami 

TBC adalah jenis penyakit yang paling sering menyerang organ paru-paru dengan gejala klasik berupa batuk, demam, keringat di malam hari dan berdarah. Bakteri tuberkulosis berhasil masuk dan menyerang tubuh karena sistem kekebalan tubuh berada di dalam kondisi yang lemah.

Saat tubuh kita dalam kondisi sehat dan bugar, maka sistem kekebalan tubuh dapat memberantas bakteri TB. Tapi ketika sistem kekebalan tubuh melemah juga terkadang gagal melindungi kita dari penyakit bakteri tuberkulosis. Meskipun kita sangat disarankan untuk mendapatkan pertolongan medis untuk mengobati tuberkulosis, kita bisa mencoba metode pengobatan tradisional. Berikut adalah daftar bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai bahan pengobatan penyakit TBC.

1. Yogurt

Siapkan 1 mangkok yogurt probiotik dalam menu makan sehari-hari kita. Perlu kita ketahui yogurt ini mengandung probiotik yang berfungsi untuk menetralkan bakteri. Probiotik dalam yogurt juga membantu menghambat pertumbuhan bakteri Tuberculosis dalam tubuh.

2. Bawang putih

Dalam bawang putih terdapat senyawa yang disebut alicin yang memiliki sifat sebagai antimikroba. Alilicin ini bisa menghambat proliferasi atau menghambat perkembangan sel bakteri tuberkulosis yang berjalan dengan cepat. Caranya : Tambahkan satu hingga dua sendok teh bawang putih yang sudah di cincang dalam menu makan kita, atau bisa langsung memakannya jika kita bisa menahan rasanya.

3. Jus jeruk

Jus jeruk dikemas dengan mineral dan vitamin yang memiliki kemampuan menyembuhkan gejala batuk pada pasien TBC. Minumlah jus jeruk 2 kali sehari, yang dicampurkan dengan sedikit garam dan madu sebanyak 2 kali sehari saat masa pemulihan.

4. Lada hitam

Lada hitam perlu kita ketahui mengandung senyawa piperine. Senyawa ini bisa bermanfaat menghambat bakteri TBC yang resisten pada obat, dan meningkatkan fungsi obat anti tubular terhadap bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Intinya senyawa piperine dalam hitam ini bisa memaksimalkan kerja obat yang kita minum untuk melawan bakteri TBC. Caranya : 

  • Gorenglah lada hitam dalam mentega sehat lalu dihancurkan hingga menjadi bubuk.
  • Tambahkan sedikit madu dan lemon lalu bentuk seperti adonan.
  • Konsumsi setengah sendok teh ramuan ini setiap beberapa jam sekali

5. Srikaya

READ  Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Srikaya menjadi salah satu obat alami terbaik yang bisa menyembuhkan penyakit TBC ini. Srikaya memiliki sifat peremajaan, mirip dengan obat anti tubular yang digunakan. Caranya:

  • Siapkan 2 buah srikaya, 25 butir kismis dan air gula secukupnya.
  • Campurkan ekstrak buah srikaya dan 25 kismis biji lalu panaskan selama 10 menit dengan air.
  • Saring campurannya dan tambahkan sedikit gula, konsumsi 1 sendok teh adonan tersebut.
  • Konsumsi adonan ini 2 kali sehari.

Tags: