Jenis Asupan Nutrisi Yang Penting Jika Kita Mengalami Patah Tulang

Sebagian dari kita pasti pernah mengalami patah tulang, patah tulah bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti cedera atau kondisi tulang yang sudah rapuh. Mungkin kita akan diminta untuk menjalani operasi. Selain mengobati secara medis, kita juga bisa mempercepat penyembuhan tulang yang patah dengan mengonsumsi asupan makanan yang mengandung zat gizi yang tepat. Berikut adalah nutrisi yang dapat membantu penyembuhan patah tulang kita.

5 Nutrisi Untuk Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang

Pada intinya semua makanan yang sehat dan bergizi mampu untuk membuat kondisi cepat pulih. Tapi ada beberapa zat gizi yang diperlukan dalam jumlah lebih supaya kondisi tulang cepat membaik dan luka cepat kering.

1. Protein

Protein ini adalah zat gizi makro yang sangat penting untuk membangun jaringan baru di dalam tubuh, tentunya kita membutuhkan nutrisi ini untuk membangun dan memperbaiki jaringan tulang menjadi normal kembali. Selain itu protein juga membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih banyak, sehingga membuat tulang menjadi tulang lebih padat dan kuat.

Sebuah penelitian yang dilakukan mengungkapkan jika diet tinggi protein dapat mempercepat penyembuhan tulang yang rapuh dan patah. Konsumsi protein harian untuk orang dewasa sekitar 56-65 gram per hari. Kita dapat mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti daging sapi, daging ayam, telur, susu dan kacang-kacangan.

2. Kalsium

Nutrisi yang penting disaat kita mengalami patah tulang adalah kalsium, ketika kita mengonsumsi kalsium maka hampir semua kalsium akan disimpan didalam tulang. Dan hal ini membuat tulang kita padat dan kuat, karna tugas utama dari kalsium adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah ikan salmon, brokoli, bayam, kacang almond, susu dan kacang kedelai.

READ  Tips Memutihkan Gigi Dengan Cara Alami

3. Vitamin D

Ternyata vitamin yang satu ini tak kalah penting dari kalsium dan protein. Fungsi utama vitamin D adalah sebagai menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan dan tak hanya itu, vitamin larut lemak ini membantu dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh, sehingga dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tulang yang rusak. Jenis makanan yang mengandung kandungan Vitamin D cukup tinggi adalah: susu, telur, dan ikan laut.

4. Vitamin K

Meski kita hanya mengetahui manfaat vitamin K sebagai pencegah perdarahan dan mempercepat penyembuhan luka, namun vitamin K juga mampu meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan kita. Sebenarnya sama saja dengan vitamin D yang bersifat larut lemak, vitamin K membuat tulang yang patah kembali pulih dan tersambung dengan sempurna. Kita bisa menemukan vitamin K di dalam makanan seperti brokoli, alpukat, telur, dan kembang kol.

5. Vitamin C

Mungkin sebagian orang hanya mengetahui manfaat vitamin C hanya berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh karna bersifat sebagai antioksidan. Namun ternyata vitamin C juga baik dalam memperbaiki jaringan tulang yang rusak dan membuat penyerapan kalsium serta mineral lain maksimal di dalam tubuh. Jenis makanan yang mengandung banyak vitamin C adalah: brokoli, bayam, tomat, jeruk, kiwi, manga, dan papaya.

Tags: