Manfaat Baik dan Buruknya Mengonsumsi Air Kelapa

Air kelapa mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari menyegarkan tubuh di kala saat sedang haus, menambah elektrolit, dan bahkan dapat membantu menyembuhkan penyakit. Nah perlu kita ketahui juga jika kita terlalu sering mengonsumsi air kelapa akan berdampak buruk bagi tubuh, simak manfaat baik dan buruknya air kelapa!

Kandungan Air Kelapa

Tidak salah lagi kalo air kelapa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan karena kandungan zat gizi yang ada didalamnya. Air kelapa mengandung karbohidrat yang sangat mudah untuk dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit, air kelapa mempunyai kalori yang sangat rendah juga rendah natrium, dan mengandung kalium yang tinggi daripada minuman olahraga.

Air kelapa banyak sekali mengandung vitamin dan mineral, kandungan vitamin dalam air kelapa yaitu vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin dan folat, serta vitamin C tetapi kandungan vitamin C dalam air kelapa hanya sekitar 2,4 mg. kandungan mineral dalam air kelapa yaitu kalsium, zat besi, magnesium, dan seng. Kandungan mineral dalam air kelapa lebih bagus jika dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Manfaat Air Kelapa

1. Memperlambat penuaan

Manfaat air kelapa ,uda bagi kecantikan adalah bisa membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih fresh, karena kandungan sitokinin pada air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik. Sitokinin sendiri berfungsi untuk menyeimbangkan kadar Ph dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

2. Mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol

Penelitian menunjukan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), untuk mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

READ  Mengatur Pola Makan Untuk Menunjang Aktifitas Anda

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa juga ternyata sudah terbukti ampuh menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Air kelapa berguna saat kita terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan oral rehydration therapy yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Hal ini air kelapa mengandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

4. Lebih baik dari minuman olahraga (soft drink)

Air kelapa merupakan minuman isotonic alami yang memiliki banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi.kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang setelah berolahraga. Namun untuk menggembalikan hidrasi agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan. Air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak seperti air kelapa tidak akan mengembalikan hidrasi tubuh kecuali diminum dalam jumlah banyak. Selain itu resiko untuk merasakan mual, kenyang, dan sakit perut juka akan lebih sedikit daripada ketika kita minum minuman soft drink.

Efek Samping Minum Air Kelapa Dalam Jumlah Besar

Kandungan kalium yang terdapat pada air kelapa harus kita waspadai karena bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh. Air kelapa terdapat 10 kali lebih banyak mengandung kalium dibandingkan minuman olahraga pada umumnya. Dan apabila kita terlalu banyak minum air kelapa, efek sampingnya adalah  seperti hyperkalemia.

Tingginya kadar kalium tersebut membuat orang yang terlalu banyak mengonsumsinya akan pingsan dan detak jantungnya akan tidak normal. Usut punya usut jika kita mengonsumsi jumlah air kelapa per gelas dengan kandungan kaliumnya mencapai 690 mg kalium. Maka akan menyebabkan kita kehilangan kesadaran dan detak irama jantung yang tidak normal.

READ  Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Dampak Negatif-nya

Bila kita minum air kelapa terlalu banyak dan akhirnya memengaruhi kadar kalium dalam, tubuh maka kita akan mengalami beberapa gejala seperti:

  • Perut sakit
  • Napas yang terengah-engah
  • Keringat dingin
  • Merasa pusing tiba-tiba
  • Mengalami tekanan dan nyeri pada dada dan lengan

Efek dari kalium pada air kelapa bisa memengaruhi kerja oto kita, akibat terburuknya dari kelebihan kalium adalah gangguan jantung, seperti yang telah dijelaskan diatas. Bahkan kebiasaan ini dapat meningkatkan peluang serangan jantung, jika kita mengalami gejala serangan jantung segera mungkin hubungi rumah sakit terdekat atau minta orang sekitar membawa kita.

Tags: