Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Klarifikasi Tanaman

Temulawak merupakan tanaman yang termasuk kedalam Tanaman Obat Kelaurga yang tergolong dalam suku temu-temuan. Tanaman ini berasal dari Indonesia tepatnya berada di pulau jawa kemudian menyebar ke beberapa tempat di Kawasan wilayah biogeografi Malaysia.

Nama daerah di jawa yaitu temulawak, disunda disebut koneng gede, sedangkan di madura disebut temulabak. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut dan berhabitat di hutan tropis. Rimpang temulawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur dalam kekerabatan tumbuhan diklasifikasikan sebagai:

Kingdom         : plantae

Divisi               : spermathyophyta

Subdivisi         : angiosperma

Kelas               : monocotyledoneae

Bangsa             : scitamineae

Familia            :zingiberacea

Marga              : curcuma

Spesies            : curcuma xanthoriza roxb

Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuning-kuningan. Memiliki daun yang lebar dan pada setiap helainya dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun yang agak Panjang. Temulawak mempunyai bunga berbentuk bergerombol dan berwarna kuning tua. Tanaman semusim berbatang basah ini tingginya dapat mencapai lebih dari 2,5 meter. Daunnya berwarna hijau atau cokelat keunguan diatas tulang daun terdapat garis abstrak kecoklatan.

Khasiat Tanaman:

-Sembelit

1 rimpang temulawak dan biji sawi secukupnya. Kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus kemudian diseduh dengan air panas secukupnya dan disaring lalu diminum biasa.

-Sakit pinggang

1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 genggam daun kumis kucing. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air, dan disaring. Diminum 1 kali sehari 1 gelas.

-Asma

1 ½ rimpang temulawak, 1 potong gula aren. Temulawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan setelah kering direbus dengan 5 gelas air ditambah 1 potong gula aren sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas, kemudian disaring.

READ  Cara Mengobati TBC Dengan Bahan Alami 

– Sakit kepala dan masuk angin

Beberapa rimpang temulawak, temulawak diiris tipis-tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Kurang lebih 2 genggam tepung direbus dengan 4-5 gelas air sampai mendidih hingga 3 gelas, kemudian disaring dan diminum.

-Sakit ginjal

2 rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun kacabeling. Temulawak diiris tipis-tipis, kemudian direbus Bersama dengan bahan lainnya dengan 1 liter air, dan disaring diminum selama 3 hari.

-Menambah nafsu makan

2 rimpang temulawak, ¼ rimpang lengkuas, ½ genggam daun meniran. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga 2 gelas, kemudian disaring, diminum 2 kali sehari ½ gelas.

Tags: