Mengatasi Gejala Asma Dengan Bahan Alami

Asma adalah penyakit pernapasan kronis yang menyebabkan saluran udara meradang dan menyempit akibatnya. Kita akan lebih sulit untuk mengirup dan mengembuskan napas. Meski tidak bisa disembuhkan namun gejalas asma bisa kita cegah atau redakan dengan obat-obat tradisional dengan bahan dasar alami yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Berikut adalah obat-obattan tradisional yang bisa kita gunakan untuk penyakit asma.

Obat Tradisional Untuk Penyakit Asma

Penting untuk kita semua bisa memahami ini, jika kita ingin menggunakan obat tradisional ada baiknya untuk kita berkonsultasi dulu dengan dokter terkait. Karna tidak semua obat tradisional pasti aman dan manjur. Dokter dapat membantu memastikan bahwa kita benar-benar bisa menggunakan obat tardisional ini dan tidak akan berefek negative pada tubuh kita.

  1. Kafein

Mungkin belum banyak orang mengatahui bahwa kafein bisa membantu mengendalikan serangan asma. Bahkan efek bronkodilator pada kafein sama dengan obat asma theophylline. Kafein membantu merelaksasikan dan melegakan saluran pernapasan dalam membantu kita bernapas lebih mudah. Semakin kuat kopinya, semakin bagus juga maka khasiatnya. Selain kopi kafein juga bisa diperoleh pada the ataupun coklat.

Meski punya potensi manfaat sebagai obat tradisional untuk asma tetapi jangan seenaknya menggunakan kafein sebagai obat tradisional. Pastikan tidak meminum kopi hitam lebih dari 3 cangkir dalam sehari, karna kebanyakn minun kopi hitam akan mengakibatkan asam lambung naik dan jantung berdetak cepat. Kebanyakan minum kopi pun dapat menyebabkan insomnia alias sulit tidur.

  1. Madu

Madu selain bisa meredakan sakit tenggorokan dan batuk, ternyata madu pun bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk asma. Madu memiliki kandungan antioksidan yang banyak dan bisa bermanfaat melawan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh penderita asma.

READ  Manfaat Baik dan Buruknya Mengonsumsi Air Kelapa

Kita bisa mencampur 1 sendok teh madu ke dalam segelas air hangat dan meminumnya dan lakukan 3 kali sehari. Untuk menambah cita rasa kita juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis, atau lemon.

  1. Jahe

Jahe berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan termasuk sebagai obat asma alami. Cara kerja jahe ini untuk meredakan asma sebetulnya belum ada penelitian yang membuktikannya. Namun para ahli menduga bahwa jahe dapat membantu mengurangi respon alergi dengan menurunkan kadar IgE dalam tubuh. Alhasil gejala asma yang kita derita bisa lebih dikendalikan dan jarang kambuh.

Dan para ahli juga mengatakan bahwa jahe dapat membantu mengurangi peradangan dan melebarkan saluran pernapasan. Cara penggunaannya:

  • Membuat jus dari campuran buah delima, satu ruas jahe ukuran kecil, dan satu sendok makan madu, blender hingga tercampur rata. Minum campuran ini sebanyak 2-3 kali sehari.
  • Cara lainnya, kita dapat membuat air wedang jahe. Caranya dengan masukkan 1 ruas jahe yang sudah digeprek atau dipotong kecil-kecil ke dalam panci air mendidih. Tambahkan gula merah untuk mengurangi rasa pedas pada jahe, biarkan selama 5 menit. Tunggu hingga hangat lalu minum.
  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antiradang yang berguna sebagai obat alami untuk penyakit asma. Sifat antiradang yang dimiliki bawang putih mampu mengurangi peradangan pada saluran napas akibat asma. Meski begitu belum ada penelitian yang meneliti lebih lanjut tentang kandungan antiradang pada bawang putih. Tapi dikalangan masyakarat bawang putih sudah dipercaya bisa mengatasi gejala asma. Cara penngunaannya:

  • Didihkan 2-3 siung bawang putih kedalam ½ cangkir susu.
  • Biarkan hingga didih.
  • Lalu minum, lakukan cara ini 1 kali sehari secara rutin.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

READ  Kenapa Dengan Berhenti Merokok Malah Membuat Kita Sakit dan Tidak Enak Badan?

Selain menggunakan obat tradisional dengan bahan alami. Ada juga sejumlah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk meringankan gejala asma dengan merubah gaya hidup kita.

  1. Menghindari factor pemicu

Efek obat asma yang alami maupun medis mungkin tidak akan mendapatkan hasil optimal jika kita terus terpapar factor pemicunya. Maka dari itu penting untuk kita mengetahui factor pemicu asma kita sehingga bisa menghindarinya.

Beberapa hal yang bisa memicu serangan asma.

  • Zat allergen terhirup, seperti: debu, bulu binatang, serbuk sari bunga, serbuk kayu pohon, parfum dan wewangian menyegat, dan polusi udara.
  • Olahraga dan aktivitas fisik yang terlalu berat.
  • Cuaca dingin dan kering.
  • Memiliki alergi terhadap makanan tertentu dan obat tertentu.
  • Bernyanyi, tertawa, atau menangis yang terlalu berlebih.
  • Stress dan kecemasan berlebih.
  1. Yoga

Pengobatan alami lainnya yang bisa kita lakukan dengan cara merubah gaya hidup kita adalah dengan rutin berolahraga yoga. Ketika kita melakukan Gerakan yoga dengan pose tertentu, kita akan dipaksa untuk mengatur pola tarikan napas sambal menjaga postur tubuh agar tetap seimbang.

Semakin rumit pose yoganya maka tubuh kita secara otomatis akan memerintahkan paru-paru supaya mengambil dan membuang napas Panjang secara perlahan. Selain bemanfaat melatih pernafasan yoga juga dapat meredakan stress untuk kebanyakan orang. Melakukan yoga setidaknya 30 menit sehari akan membuat kita menjadi lebih rileks.

  1. Berenang

Olahraga berenang merupakan olahraga yang paling cocok untuk para penderita asma. Peneliti pun telah menganjurkan bahwa jika rutin berenang akan lebih efektif untuk meredakan keparahan gejala asma ketimbang hanya minum obat-obattan saja.

Tingginya kelembapan udara di sekitar kolam renang dapat membantu melembapkan saluran pernapasan penderita supaya tidak terlalu kering dan mudah iritasi. Tak heran jika olahraga berenang bisa jadi obat alami asma yang relative aman.

  1. Rutin cek fungsi paru
READ  Obat Alami Untuk Kanker Payudara

Dokter yang memeriksa kesehatan paru-paru kita merap kali akan mengajurkan kita untuk rutin cek fungsi parunya dengan alat peak flow meter. Dengan alat ini kita akan mengukur banyak aliran udara yang dihirup oleh paru-paru. Kita cukup memasukkan ujung alat ke dalam mulut. Lalu hirup napas seperti biasa dan hembuskan ke dalam rongga alat ini. Angka yang paling keluar dari peak flow meter menunjukan bahwa fungsi pernapasan kita dalam keadaan baik. Sedangkan jika sebaliknya itu berarti paru-paru kita tidak bekerja dengan baik.

  1. Makan yang sehat

Sebaiknya kita jangan terlalu tergantung pada obat dokter saja, tetapi ada baiknya untuk kita juga mengimbangi dengan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Jenis makanan terbaik untuk penderita penyakit asma adalah makana dengan kandungan vitamin A C D E, betakaroten, magnesium, selenium, antioksidan flavonoid, hingga asam lemak omega-3. Jangan lupa makan buah apel setiap hari.

Tags: