Mengatasi Pecah-Pecah Pada Telapak Kaki

Kulit telapak kaki memang dasarnya mempunyai kulit yang lebih kering dari pada bagian kulit lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat. Oleh karena itu jangan heran banyak orang mengalami tumit kaki mereka mengalami kering dan kasar. Terutama tumit kaki yang kering juga mudah kapalan, tumit kaki yang kering dan tebal pun akan cepat pecah merekah.

Kulit kaki kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh kondisi penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan tiroid, hingga psoriasis dan eksim. Orang lanjut usia juga lebih rentan mengalami kaki pecah-pecah karena factor penuaan yang menyebabkan kulit jadi cenderung kering. Kaki pecah-pecah dapat menjadi masalah bagi kita karena tak hanya akan terasa sakit saat berjalan tapi kaki pecah-pecah juga akan menyebabkan infeksi yang serius pada kaki kita.

Cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah

Jika kondisi kaki kita sudah terlanjur pecah-pecah ada baiknya kita untuk mencuci kaki dengan air hangat terlebih dahulu dan gosokkan batu apung demi mengangkat lapisan kulit mati di kaki sebelum perawatan.

1. Masker Alpukat Pisang

Bahan alami pertama adalah dengan menggunakan pisang untuk membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan cepat. Ambil satu buah pisang matang dan setengah alpukat lalu haluskan ke 2 nya lalu campurkan merata hingga menjadi pasta. Alpukat tumbuk yang dicampur dengan menambahkan minyak kelapa yang berfungsi sebagai pelembap yang membantu memperbaiki kulit kering.

Balurkan pasta buah ini di daerah yang mengalami kulit pecah-pecah dan biarkan selama 10-20 menit. Kita juga bisa bungkus kaki yang telah dibalur dengan masker atau kaos kaki dan biarkan menyerap semalaman agar mempercepat waktu penyembuhan. Setelah itu kaki bersihkan dengan air bersih hangat, kemudian oleskan pelembap kulit. Gunakan sehari 2 kali.

READ  Pencegahan Kelenjar Getah Bening

2.  Petroleum Jelly dan Air Lemon

Campuran dari petroleum jelly dan air lemon dipercaya ampuh bisa menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan instan. Pertama rendam kaki dalam air hangat selama sekitar 20 menit dan usap hingga kering lalu campurkan satu sendok teh Vaseline dengan 3 sendok teh air lemon, aduk rata.

Oleskan pada kaki yang bermasalah dan diamkan selama sekitar 1 jam kita juga dapat membungkus kaki dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman. Lalu bilas dengan air hangat saat pagi hari dan jangan lupa oleskan pelembap kulit. Lakukan cara ini sehari 2 kali.

3. Masker Tepung Beras

Tekstur tepung beras yang kasar mampu mengelupas, membersihkan, dan menutrisi kulit kaki dengan asupan mineral penting sehingga kulit terasa jadi lebih lembut dan halus.

Caranya:

  • Ambil 2 sampai 3 sendok makan tepung beras dan tambahkan beberapa tetes madu dan cuka sari apel dan minyak zaitun untuk meracik hingga terbentuk pasta kental
  • Rendam kaki dalam air hangat 10 menit. Lalu keringkan dengan anduk
  • Oleskan pasta pada kaki yang bermasalah dan pijat lembut untuk mengangkat lapisan kulit mati
  • Lakukan cara ini seminggu 2 kali.

4. Oleskan Pelembab Kemudian Bungkus Dengan Kaos Kaki

Pakailah krim pelembap yang kental seperti shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly. Intinya semakin lengket, berminyak tekstur dari pelembap itu akan semakin cocok untuk menyembuhkan kulit kaki yang kering dan retak. Lumuri kaki bermasalah kita dengan pelembap pilihan kita, dan oleskan secara merata setiap malam sebelum tidur. Setelah itu bungkus dengan kaos kaki dan biarkan menyerap semalaman. Lakukan cari ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Pijat Dengan Minyak

Pengobatan terbaik untuk tumit pecah-pecah adalah dengan cara memijat tumit kita dengan minyak. Minyak cenderung bekerja lebih baik daripada lotion karena lotion lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Kita bisa gunakan minyak sayur apapun, mulai dari minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, tree oil, hingga minyak kelapa. kandungan Vitamin E pada minyak juga merupakan pelembap ampuh yang mampu membantu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah.

READ  Menurunkan Kadar Asam Urat Dengan Bahan Alami

Lumuri kaki bermasalah kita dengan minyak pilihan kita. Oleskan secara merata dan pijat perlahan lakukan setiap malam sebelum tidur. Minyak akan membantu melembapkan sementara pijatan akan membantu merangsang sirkulasi agar mempercepat penyembuhan gejala yang menjengkelkan. Kemudia bungkus dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalam. Lakukan carai ini stiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Lulur Oatmeal

Cara lulur oatmeal telah digunakan selama ratusan tahun sebagai penyembuh alami iritasi dan peradangan kulit. Dengan cara menggabungkan oatmeal dan minyak ziatun merupakan metode perawatan yang baik untuk penyembuhan kaki pecah-pecah.

Caranya:

  • Aduk oatmeal kering dan tambahkan 1 sendok minyak zaitun hingga membentuk pasta
  • Lumuri kaki yang mengalami pecah-pecah dengan lulur oatmeal ini
  • Biarkan meresap hingga setengah jam dan bilas dengan air bersih
  • Kemudian oleskan pelembap kulit, lakukan cara ini sehari 2 kali

Tags: