Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil

Wanita hamil pada umumnya pasti akan mengalami rasa mual, terutama pada kehamilan trimester awal. Menghilangkan rasa mual saat hamil bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Ibu hamul kebanyakan akrab dengan rasa mual dan muntah-muntah. Mual dan muntah-muntah ini tidak hanya terjadi di pagi hari, tapi juga bisa di siang, sore, malam atau bahkan sepanjang hari penuh. Selain mual muntah, ibu hamil juga dapat merasa pusing dan sakit kepala ketika mengalami kondisi ini. Gejala ini biasanya terjadi akibat perubahan hormonal saat hamil sehingga ibu hamil merasa mual dan berselera untuk makan.

Berapa Mual dan Muntah Berlangsung

Mual dan muntah saat hamil biasanya dimulai sejak awal masa kehamilan dan mencapai puncaknya sekitar kehamilan berada minggu ke Sembilan menjelang trimester pertama berakhir dan rasa mual akan berangsur reda saat kehamilan mengijak 16-20 minggu, mual saat hamil umumnya akan hilang sendirinya.

Namun ada juga ibu hamil yang terus-menerus mengalami mual dan sakit bahkan setelah kandungan berusia lebih dari 16-20 minggu. Tetapi ada juga yang merasakan mual dan muntah sepanjang masa kehamilan, alias 9 bulan full penuh, terutama pada ibu hamil yang mengandung bayi kembar.

Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil

Mual saat masa kehamil memang tidak enak, dan berdampak dengan makan pun jadi tidak semangat. Tetapi untuk ibu hamil tidak usah khawatir karna sudah banyak cara untuk menghilangkan mual saat hamil. Salah satunya dengan cara berikut ini.

  1. Bangun Lebih Pagi

Ubah kebiasaan dengan bangun lebih pagi, sehingga tubuh kita bisa meredam keinginan muntah. Jika biasanya ibu hamil bangun pukul 05.30 maka cobalah bangun satu jam lebih awal lagi. Usahakan juga sediakan makanan ringan agar bisa mendapat asupan makanan setelah bangun. Hindari bangun terburu-buru karena akan membuat kepala kita menjadi pusing.

  1. Hindari Makan Terlalu Banyak
READ  Tips Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat

Bawalah makanan kecil kemanapun ibu hamil pergi, untuk menghindari terlalu lapar atau kenyang. Biasakan untuk mium setengah jam sebelum dan sesudah makan agar tidak menambah mual, dengan cara minum air sedikit-sedikit namun sering agar tubuh tetap terhidrasi.


  1. Banyak Istirahat

Jika ibu hamil ingin bangun pagi, usahakan untuk segera tidur lebih awal pada malamnya agar mendapat istirahat yang cukup, hindari juga tempat yang hangat karna bisa meningkatkan rasa mual. Saat terbangun untuk buang air kecil, usahakan untuk mengonsumsi makanan ringan.

4. Hindari Makanan Pedas

Saat ibu hamil makan malam hindari konsumsi asupan pedas dan berminyak. Ganti dengan makanan yang tidak terlalu berbumbu dan tidak menyengat. Selain itu bunda juga bisa mengurangi rasa mual dengan mengonsumsi makanan ringan seperti sandwich, salad, sup dan kentang. Sedangkan bagi bunda yang ingin nyemil bisa menyiapkan potongan lemon, the jahe dan snack ringan.

Semoga Bermanfaat!

Tags: