Mengobati Luka Bakar Knalpot atau Setrika

Ketika seseorang sedang berjalan di dekat sepeda motor dan secara tak sengaja kaki kita menyenggol atau mengenai kanlpot yang masih sangat panas. Atau ketika kita sedang menyetrika pakaian, setrika yang panas menyentuh kulit kita dan melukai kulit kita. Dan hal ini bisa menyebabkan luka bakar yang numayan menyakitkan, untuk itu kita harus segera menanganinya dengan cepat dan benar.

Pertolongan Pertama Yang Harus Kita lakukan

Kita sebaiknya mengontak fasilitas kesehatan untuk mendapatkan perawatan pertama. Dan biasanya dokter akan meresepkan salep kolagenase, larutan salin, dan obat pereda nyeri jika terjadi infeksi, kita mungkin akan membutuhkan antibiotik. Maka perlu diingat bahwa tindakan-tindakan berikut ini hanyalah penangan pertama bukan pengobatan utama untuk menyembuhkan luka bakar kita.

  • Langsung alirkan air dingin yang mengalir dari kran, selama kira-kira 20 menit pada kulit luka bakar sebelum kulit mulai melepuh. Air akan mencegah panas masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam lagi.
  • Siapkan kain lembut atau kassa yang sudah dibasahi dengan air dingin. Lalu tepukkan kain tersebut pada luka baka karena biasanya cara ini bisa mengatasi rasa sakit yang dihasilkan luka bakar.
  • untuk meregenerasi jaringan kulit dan meredakan nyeri, maka oleskan salep luka bakar yang bisa kita dapatkan di apotek. Pilih luka bakar yang mengandung bahan-bahan alami seperti rimpang Coptidis, batang Phellodendri, akar Scutellariae, dan minyak wijen. Bahan-bahan alami tersebut berpotensi membantu menjaga kelembapan pada kulit yang terbakar.
  • Balut luka bakar dengan kassa steril dan pembalut longgar. kita harus melakukan perawatan luka atau mengganti perban tersebut 2 kali dalam seminggu.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengalami Luka bakar

Salah satu cara yang populer untuk mengatasi luka bakar pada kulit adalah dengan mengoleskan odol atau pasta gigi pada luka bakar karena sensasi dinginnya akan meredakan luka. Namun ternyata cara-cara ini justru bisa menyebabkan komplikasi dan bahaya bagi kulit kita. Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat mengalami luka bakar.

1. Mengompres luka bakar dengan es

Ada juga yang percaya bahwa metode mengompres luka bakar dengan es batu bisa membantu mendinginkan panas di kulit. Padahal suhu es batu berkisar pada 0 sampau -4 derajat celcius. Dengan suhu seperti itu peradangan darah justru bisa berhenti. Hal ini bisa menyebabkan radang dingin pada kulit dan kerusakan pada kullit.

2. Mengoleskan odol pada luka bakar

Kita biasanya memberikan pertolongan pertama terhadap orang yang mengalami luka bakar di kulit dengan memberikan atau membalurkan odol pada kulit yang terkena luka bakar. Perlu kita ketahui ternyata cara ini seharusnya dihindari karena menurut para ahli jika kita membalurkan odol pada luka bakar justru akan bisa memperparah luka bakar kita. Odol mengandung mint dan kalsium yang berisiko memperluas infeksi dan membahayakan jaringan kulit.

3. Mengoleskan mentega pada luka bakar

Untuk mengobati luka bakar ada juga yang mengoleskan mentega pada luka bakar mereka. karena sebagian orang percaya jika mengoleskan luka dengan mentega bisa menjaga kulit dari udara dan bakteri penyebab infeksi. Ternyata cara ini salah, justru akan berbahaya karena mentega yang dioleskan pada kulit akan menghalangi sirkulasi udara. Akibatnya suhu panas pun terjebak  di dalam lapisan kulit dan akan semakin terbakar. 

Incoming search terms:

  • https://www positifsehat com/mengobati-luka-bakar-knalpot-atau-setrika/
  • luka bakar terkena knalpot
  • luka lecet di kaki jatuh dari motor
READ  Cara Mengatasi Insomia Tanpa Obat

Tags: