Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Pilihan makanan kepada ibu hamil tentu sangat penting selain untuk menjaga asupan terhadap ibu hamil tetapi mengonsumi makanan yang sehat juga akan sangat bagus untuk menjaga asupan nutrisi kepada janin yang sedang dikandungnya.

Dalam dunia kesehatan tentunya kita mengenal istilah trimester pertama, kedua dan terakhir nah di dalam tiga tahap proses kandungan itu kita disarankan mengonsumsi segala jenis makanan yang mengandung nutrisi, karbohidrat, protein, lemak, sehat, serat, vitamin, dan mineral. Apalagi bila ibu hamil masih dalam tahap tiga bulan pertama kehamilan (trimester pertama) ini merupakan fase terpenting pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Pada fase ini tengah berlansung pembentukan organ-organ janin.

Apabila ibu hamil tidak menerapkan pola makanan sehat yang bergizi seimbang maka dampaknya sel-sel janin yang akan berkembang menjadi organ tubuh bisa saja mengalami kerusakan atau bisa saja tidak terbentuknya dengan baik organ tersebut. Contohnya seperti cacat bawaan sejak lahir dan keguguran. Maka dari itu untuk ibu hamil sangat penting mengetahui jenis makanan apa saja yang sangat dianjurkan saat sedang mengandung.

Berikut adalah daftar makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil:

  1. Susu dan produk olahan susu

Susu dan produk olahan susu seperti yogourt dan keju sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil apabila pada fase trimester pertama. Karena produk olahan susu dan susu akan sangat kaya kalsium dan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dan kesehatan tulang ibu hamil. Selain itu susu juga mengandung banyak fosfor, vitamin B, magnesium, dan zinc yang mendukung kesehatan ibu hamil khsusunya pada pencernaan.

Sebelum mengosumsi susu dan produk olahan susu kita harus memilih produk susu yang rendah lemak dan gula, serta hindari produk olahan susu yang di pasteurisasi karena berisiko mengandung bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

  1. Ikan, telur, dan daging.
READ  Menurunkan Kadar Asam Urat Dengan Bahan Alami

Jenis makanan selanjutnya yang cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah: ikan, telur, dan daging. Ikan mengandung banyak proteindan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan system saraf janin. Jenis ikan yang cocok untuk dikonsumsi pada masa kehamilan adalah ikan lele, nila, kembung, mujair, mas, salmon, dan tuna.

Telur dan daging juga merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi dan mengandung zat besi serta vitamin B didalamnya dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia, serta menurunkan risiko bayi lahir premature atau lahir dengan berat badan rendah. Pastikan saat kita akan menyatapnya daging dan telur yang akan kita konsumsi sudah diolah degan baik dan dimasak hingga benar-benar matang.

  1. Makanan sumber karbohidrat

Jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi adalah nasi, kentang, roti, biscuit dan sereal. Karena karbohidrat merupakan sumber tenaga untuk beraktifitas dan karbohidrat juga dibutuhkan dalam proses pembentukan organ tubuh janin selama trimester pertama kehamilan.

Untuk menjaga ibu dan janinnya tetap sehat, pastikan porsi makan ibu hamil berisi salah satu dari setiap kelompok makanan yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Dan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil ibu hamil juga dapat mengonsumsi suplemen kehamilan. Karna suplemen bisa menjaga dan mendukung asupan untuk ibu hamil janin yang ada didalam kandungan.

Hal yang tidak kalah penting adalah selama kita masih dalam proses mengandung kita dianjurkan untuk minum air sedikitnya 8-10 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil contohnya seperti: brokoli, bayam, sawi, dan kubis. Jenis sayuran yang disebutkan tadi banyak mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti Vitamin C, Vitamin K, kalsium, zat besi, asam folat, kalsium, dan antioksidan.

READ  Masker Wajah Alami Untuk Pria

Mengonsumsi sayuran hijau juga memiliki manfaat lain seperti mencegah sembelit pada ibu hamil dan dipercaya dapat menurunkan resiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik untuk ibu hamil contohnya seperti: kacang Panjang, kedelai, kacang polong, kacang tanah, dan lentil, karna banyak mengandung asam folat yang tinggi dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Asam folat pada kacang berfungsi untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf dan lahir dengan berat badan rendah.

  1. Buah-buahan

Sama seperti sayuran hijau buah-buahhan juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan serta mencegah konstipasi. Jenis buah yang cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah: jeruk, papaya, manga, melon, alpukat, stroberi, pisang, dan kiwi .

Untuk ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi 5 porsi buah-buahhan setiap harinya. Tentunya agar buah bisa lebih nyaman dikonsumsi kita bisa menjadikannya sebagai jus buah tetapi tanpa gula. Karena penambahan pemanis sendiri dapat meningkatkan kadar gula dan merusak gigi.

Tags: