Menurunkan Kadar Asam Urat Dengan Bahan Alami

Orang yang mengalami penyakit asam urat selalu mengalami nyeri sendi hingga bengkak. Meski memang penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara keseluruhan. Tapi gejalanya bisa dikendalikan oleh kita. Bisa dengan mengandalkan obat-obatan yang diberikan oleh dokter dan bisa juga dengan menggunakan pengobatan herbal yang bisa menurunkan kadar asam urat ini.

Secara normal asam urat seharusya bisa dinetralisir dari aliran darah menuju ke ginjal dan kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Namun ketika terjadi disfungsi ginjal, kelebihan asam urat akan disimpan dalam sendi yang membentuk kristal asam urat. Jika asam urat menumpuk dalah tubuh dapat menyebabkan sakit kronis, pembengkakan dan nyeri di bagian sendi. Berikut adalah cara alami yang bisa menurunkan kadar asam urat.

  1. Minum banyak air putih

Dengan meminum setidaknya 10 gelas air putih setiap harinya akan membuat tubuh tetap terhidrasi dan menjaga urine tetap encer. Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah bila urine kita encer

  1. Kurangi makanan tinggi purin

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin. Kadar purin tertinggi terkandung pada jeroan, seperti ginjal, otak, juga daging merah dan alcohol. Adapun sayuran yang mengandung purin tinggi seperti bayam, kembang kol, kacang-kacangan dan jamur.

  1. Minum cuka apel organik

Cuka apel ini mengandung tinggi kalium yang akan membantu mekanisme keseimbangan asam-basa di dalam tubuh. Meskipun cuka apel mengandung asam asetat tetapi ini bisa membantu untuk merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat, yang memberikan konstribusi untuk pembentukan basa dari asam cuka tersebut. Ketika system tubuh lebih basa maka penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam. Dan menurut penelitian yang telah dilakukan juga ternyata cuka apel berkhasiat untuk menurunkan berat badan seseorang.

  1. Konsumsi Vitamin C
READ  Tips Sehat Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Konsumsi vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Para peneliti menyarankan konsumsi 1000 mg vitamin C sampai sakit reda, kemudian 500-3000 mg setiap hari untuk pencegahan dan untuk menurunkan kadar asam urat.

  1. Jahe
    jahe ternya dapat juga mengurangi kadar asam urat yang ada di dalam tubuh kita. Jahe berperan sebagai zat anti peradangan yang mencegah terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat yang terjadi. Jahe juga mengandung beberapa zat anti peradangan yakni gingerols dan shogaol, kedua zat ini yang akan membantu mengurangi parahnya peradangan yang timbul.
  2. Lemon

Bahan terakhir yang bisa menurunkan kadar asam urat didalam tubuh adalah lemon. Lemon juga bisa berguna menyediakan kalium yang berguna untuk menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadar PH darah dan urin sedikit basa.

Dengan seimbangnya fungsi ginjal dan kadar PH ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Salah satu caranya mudah, yaitu dengan peras lemon ke dalam segelas air hangat, dan minumlah di pagi hari.

Tags: