Obat Alami Mengatasi Tukak Lambung

Munculnya penyakit tukak lambung ini biasanya karena peningkatan asam lambung yang menyebabkan permukaan dalam (mukosa) lambung menjadi terkikis. Luka lambung lebih sering diderita oleh usia lanjut diatas 60 tahun. Meski begitu penyakit ini bisa terjadi pada semua usia.

Mengatasi Tukak Lambung Secara Alami

Untu mencegah luka lambung bertambah berat, kita dianjurkan untuk mengatur pola makan yang teratur, mulai dari waktu makan hingga jenis makanan yang dikonsumsi. Keluhan akibat luka lambung kerap kali sangat menggaggu. Tukak lambung juga dapat berkembang menjadi kondisi berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Selain mengobati dengan obat-obattan, ternyata tukak lambung ini bisa juga diobati dengan bahan-bahan alami, seperti:

1. Akar Manis

Akar manis juga bisa dimanfaatkan sebagai pencegahan terbaik pertumbuhan bakteri H.pylori di lambung. Selain itu juga mengonsumsi akar manis juga bisa meningkatkan produksi lendir yang melapisi lambung sehingga tidak mudah terluka. Namun ada baiknya jika kita mengonsultasikan dulu ke dokter untuk menghindari efek samping.

2. Jus Kubis

Mungkin sebagian dari kita masih terasa aneh dengan kubis yang dijadikan jus, namun perlu kita ketahui juga khasiat minuman ini dinilai efektif dalam mengatasi luka lambung. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jus kubis tidak hanya bermanfaat untuk mencegah luka lambung tetapi juga efektif untuk mengatasi masalah pencernaan lain.

3. Ubi Jalar Putih

Menurut para ahli dengan kita mengonsumsi ubi jalar putih diketahui dapat mengatasi luka lambung. Kandungan yang terdapat pada ubi jalar putih dipercaya bisa melindungi mukosa lambung, hanya saja hal ini masih perlu penelitian lebih lajut lagi.

4. Madu 

Konsumsi madu dapat membantu menyembuhkan luka lambung. Madu memiliki khasiat sebagai antibiotic alami yang diyakini mampu mencegah pertumbuhan bakteri H.pylori sebagai penyebab luka lambung. Untuk membantu mengatasi nyeri akibat luka lambung anda bisa mengonsumsi satu sendok madu setiap hari.

READ  Tips Menghilangkan Bekas Luka Cacar Air (masa penyembuhan)

5. Lidah Buaya

Lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang bisa menyembuhkan luka lambung. Karna lidah buaya mempunyai sifat antibakteri dari tanaman ini, kita bisa mengonsumsi lidah buaya dengan cara di jus.

Beberapa bahan alami diatas dipercaya berkhasiat untuk mengatasi masalah tukak lambung namun perlu diingat. Bahan-bahan ini tidak sepenuhnya dapat menggantikan obat-obattan yang diresepkan oleh dokter. Jika keluhan tak kunjung berkurang atau malah bertambah berat setelah mengonsumsi bahan-bahan alami ini, maka sebaiknya segera periksakan kedokter dan menghentikan terapi ini.

Tags: