Tips Aman Mencegah Kerusakan kulit Saat Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari


Beraktivitas di luar ruangan akan membuat kulit kita berasa terbakar oleh sinar matahari dan jika kita tidak berhati-hati, ini bisa mengakibatkan resiko kanker kulit. Menghindari matahari sama sekali juga bukan solusi yang baik.

Tips Mencegah Kerusakan Kulit Oleh Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secukupnya masih tergolong aman, malah justru bisa bermanfaat bagi tubuh. Karna sinar matahari bisa menghasilkan Vitamin D yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Sinar matahari juga dapat membantu menurunkan risiko kita terhadap kanker melanoma atau kanker kulit.
Akan tetapi harus kita ketahui juga, jika kita sudah cukup lama berada di bawah sinar matahari kulit kita sudah berubah warna jadi sedikit kemerahan atau berwarna pink pucat. Maka itu tandanya kita akan terhindar dari risiko kulit terbakar sinar matahari selama beraktifitas.

1. Pakai tabir surya atau topi
Berjemur dibawah sinar matahari memang bermanfaat tapi jangan juga kelamaan. Karna jika kativitas atau pekerjaan kita menuntut kita untuk panas-panassan diluar dalam jangka waktu yang lama. Pakailah tabir surya yang khusus untuk wajah dan yang sesuai untuk tubuh.
Tabir surya bisa mencegah kulit kita dari paparan langsung sinar matahari yang akan membuat kulit kita menjadi hitam, sekaligus mencegah risiko kanker kulit. Pastikan tabir surya kita memiliki SPF minimal 30 dan bertuliskan “Broad Spectrum” yang dapat melindungi kita dari radiasi sinar UVA dan UVB. Kita bisa menggunakan cream tabir surya setiap 2 jam sekali.

2. Berteduh di waktu tertentu
Jika kita ingin menjaga kesehatan kulit kita, kita hanya perlu berjemur dibawah sinar matahari setidaknya 5 sampai 15 menit di lengan, tangan, dan wajah untuk 2 sampai 3 kali dalam seminggu tanpa menggunakan tabir surya. Waktu berjemur yang ideal di wilayah Indonesia adalah mulai pukul 10 hingga 2 siang.
Batasi waktu tubuh kita dari sinar matahari. Terutama dari pukul 10 pagi hingga 4 sore. Diluar waktu itu. Berteduh dibawah bayangan pakai paying atau mampir ke tempat tertutup yang sejuk kita akan panas-panassan dalam waktu yang lama. Kita bisa melindungi kulit kita dengan memakai topi atau memakai pakaian lengan Panjang.

READ  Jenis Asupan Nutrisi Yang Penting Jika Kita Mengalami Patah Tulang

3. Konsumsi vitamin tertentu
Pertimbangkan juga untuk kita mengonsumsi vitamin jenis tertentu salah satunya adalah astaxanthin untuk memperoleh perlindungan ekstra dari sengatan matahari. Astaxanthin adalah antioksidan yang ampuh dan diproduksi oleh alga air untuk merespon sinar UV. Biasanya kita membutuhkan konsumsi harian selama beberapa minggu sampai jaringan tubuh kita melakukan cukup penyerapan dan siap menyediakan perlindungan dari paparan sinar matahari.

4. Makanan yang kaya akan antioksidan
Mengonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan antioksidan alami adalah cara lain yang berguna untuk memberikan perlindungan dari risiko kulit terbakar sinar matahari. Sayuran dan buah-buahhan segar menyediakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan omega 6 dan omega 3 di dalam kulit. Yang merupakan perlindungan pertama kita terhadap sinar matahari.
Sayuran juga menyediakan banyak antioksidan berguna bagi tubuh yang akan membuat radikal bebas yang disebabkan sinar matahari. Yang dapat menyebabkan penuaan dan kanker kulit.

Tags: