Tips Ampuh Mengatasi Diare Dengan Cara Herbal

Terkena diare memang akan membuat kita tidak merasa nyaman karena perut rasanya mulas tak karuan dan kita juga pasti akan capek harus bolak balik untuk menuntaskan urusan di kamar kecil. Namun jangan khawatir. Kita akan membagikan beberapa pilihan obat diare alami yang bisa kita gunakan dirumah sembari istirahat untuk memulihkan tubuh.

Macam-macam obat diare alami

Berikut adalah macam-macam obat diare yang bisa kita dapatkan di rumah kita masing-masing:

1. Daging kukus

Daging hewan seperti sapi, ikan, atau ayam mengandung banyak sumber protein yang baik untuk tubuh kita dan bisa dijadikan obat diare yang alami. Karena protein dapat mengatasi peradangan pada system pencernaan. Selain itu jangan lupa hindari memasak daging pakai minyak atau mentega saat kita terkena diare.

2. Air putih dan jus segar

Mengonsumsi cairan dalam tubuh yang banyak bisa menjadi obat diare alami sekaligus mencegah dehidrasi pada tubuh kita. Pelan-pelan tingkatkan porsi cairan yang kita minum, setidaknya 1 liter per jam selama 1-2 jam. Kita boleh mengonsumsi cairan bening seperti air putih atau jus buah setiap hari. Namun pastikan jug buah yang kita minum berasal dari buah asli dan tidak ditambah pemanis.

3. Membuat oralit sendiri

Kita rentan dehidrasi selama diare kerana tubuh kehilangan banyak cairan yang keluar Bersama feses. Selain cairan, nutrisi dan mineral penting yang tersimpan dalam tubuh juga bisa hilang akibat dari diare. Solusinya kita bisa mengonsumsi oralit sendiri sebagai obat diare, caranya:

  • Larutkan 6 sendok teh gula pasit dan ½ sendok garam dalam 1 liter air
  • Aduk hingga tercampur rata
  • Minum segelas tiap 4-6 jam sekali

Gula dan garam adalah elektrolit yang dapat menahan simpanan cairan dalam tubuh sementara gula membantu tubuh kita menyerap garam. 2 kombinasi ini membantu kita terhindar dari dehidrasi akibat diare.

READ  Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan Tubuh

4. Wortel

Jenis sayuran ini kaya akan kandungan pektin. Sehingga bisa membantu menyerap kelebihan cairan di usus sehingga feses yang keluar akan lebih padat. Caranya:

  • Kita bisa membuat wortel menjadi bubur dengan memblendernya hingga halus.
  • Siapkan 250 gram wortel lalu buang kulitnya, tambahkan air secukupnya.
  • Lalu blender hingga halus tanpa ada tambahan bahan lainnya.
  • Sajikan di mangkuk kecil dan makan setiap jam sekali ¼ gram.

5. Gandum

Semua jenis makanan yang berbahan dasar gandum merupakan makanan sehat yang baik untuk pencernaan termasuk untuk mengatasi diare. Sebagai obat diare alami kita bisa mengonsumsi roti putih atau pasta gandum. Ke2nya mengandung sedikit serat sehingga mudah dicerna oleh system pencernaan yang sedang bermasalah.

Hindari makan roti pakai mentega, margarin, madu selai, meises, atau bahkan sirup selama masih diare. Alternatifnya kita bisa makan bubur gandum atau oatmeal. Dalam oatmeal termasuk mudah larut dan diserap oleh pencernaan, serat juga dapat membantu memadatkan feses saat kita BAB.

6. Teh jahe

Jahe memiliki kandungan yang bersifat antiradang, antinyeri, dan antibakteri sehingga kandungan yang dimiliki jahe bisa berguna sebagai obat diare alami. Selain itu antioksidan dari jahe dapat memberikan dampak positif pada system pencernaan perut kita.

Untuk meredakan sakit perut yang melilit dari dampak diare, kita bisa mencoba irisan jahe dan minum selagi hangat. Minum ini juga berguna membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang saat diare.

7. Daun jambu muda

Daun jambu muda ini dipercaya sangat efektif untuk meredakan sakit karena diare, cara cukup mudah yaitu kita hanya membutuhkan daun jambu muda lalu kita sajikan bareng dengan lauk pauk, cuci terlebih dahulu daun jambu hingga bersih dan kita bisa satukan dengan nasi yang akan kita makan dengan cara dibulat-bulatkan.

READ  Tips Memutihkan Gigi Dengan Cara Alami

8. Pisang

Pisang merupakan buah yang bisa menjadi obat diare alami karna pisang akan kalium yang membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Kandungan serat dan pektin yang ada dalam pisang juga membantu menyerap cairan diusus, dengan begitu feses yang keluar akan lebih padat dan tidak berair.

Makan satu pisang atau 2 pisang setiap hari membantu mengembalikan dan memulihkan kerja sistem pencernaan.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat kita diare

Selama kita masih menderita diare, usus kita belum bisa mengolah makanan seperti biasanya. Maka sebaiknya kita menghindari beberapa makanan berikut ini:

  • Makanan pedas, alcohol, dan kafein.
  • Hindari permen yang mengandung sorbitol.
  • Hindari susu dalam 3 hari.

Tags: