Tips Ampuh Menghilangkan Komedo di Muka Secara Alami

Komedo adalah penumpukan kotoran pada pori-pori kulit. Umumnya bagian yang sering terkena komde adalah hidung dan sekitar mata. Tak jarang seorang mencari berbagai cara untuk menghilangkan komedo yang ada dipermukaan wajah entah itu menggunakan bahan kosmetik ataupun bahan-bahan alami.

Penyebab Komedo

Salah satu penyebab munculnya komedo adalah karna kotoran dan keringat yang bercampur sehingga juga akan menyebabkan timbulnya jerawat. Perlu kita ketahui bukan tidak mungkin jika seseorang mengalami dua jenis komedo sekaligus dalam saktu waktu, ini tentunya kembali lagi pada ukuran pori-pori dan juga factor penyebab komedo.

Lantas bagaimakah cara untuk menghilangkan komedo yang efektif dan ampuh?

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

1. Lemon dan Garam

Cara menghilangkan komedo yang pertama adalah dengan menggunakan campuran lemon dan garam. Aduk air perasan jeruk lemon dengan satu sendok garam, satu sendok the yoghourt tanpa rasa, dan sedikit madu hingga rata.

Oleskan secara di permukaan wajah tunggu hingga kering 3-5 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat. Lemon dan tekstur garam yang kasar dipercaya mampu membantu menghilangkan kotoran yang terpendam dalam pori-pori wajah.

2. Baking Soda

Tambahkan sedikit baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan campuran ini ke kulit wajah. Diamkan beberapa menit setelah itu bilas wajah hingga bersih.

Baking soda bertindak sebagai exfoliant ( agen pengelupas ) yang mampu menyingkirkan kulit mati penyumbat pori-pori wajah. Namun jangan terapkan cara ini setiap hari karena dapat membuat kulit wajah menjadi kering.

3. Masker Putih Telur

Bahan alami selanjutnya adalah putih telur yang sangat manjur untuk menghilangkan komedo dengan cara yang sangat sederhana dan bisa kita terapkan di rumah.

READ  Menjaga Kesehatan Dengan Berlari Pagi

Jika kita mau menerapkan cara menghilangkan komedo secara alami yang satu ini, jangan lupa menggunakan tisu. Caranya:

  • Kocok putih telur hingga berbusa
  • Gunting tisu sesuai dengan kebutuhan
  • Tempelkan putih telur kebagian yang berkomedo
  • Lapisi dengan tisu yang sudah digunting
  • Oleskan putih telur dengan tisu
  • Tunggu hinga benar-benar kering ( sekitar 30 menit )
  • Cabut tisu dari wajah lalu bersihkan dengan air hangat.

Kamu bisa melakukan langkah diatas 2-3 kali setiap minggu.

4. Pasta Gigi

Cara berikutnya adalah menggunakan pasti gigi, bahan ini termasuk bahan yang sangat efektif untuk membersihkan komedo karena mengandung mineral dan fluoride.

Kedua kandungan ini dipercaya mampu mengangkat komedo dan menghaluskan wajah, tetapi untuk bahan pasta gigi ini tidak benar-benar merupakan bahan alami karena mengadung bahan kimia salah satunya untuk menyiasatinya kita bisa memilih pasta gigi herbal.

Cara membersihkan komedo dengan pasta gigi:

  • Tempelkan pasta gigi kebagian yang berkomedo
  • Diamkan 20-30 menit
  • Bilas dengan air bersih

5. Perasan Lemon + Gula + Madu

Cara menghilangkan komedo yang satu ini juga tak kalah mudah jika dibandungan dengan cara membersihkan komedo menggunkan masker outih telur. Meski bahan yang dibutuhkan lebih banyak tetapi baha-bahannya mudah untuk didapatkan.

Cara menghilangkan komedo dengan perasan lemon:

  • Perasan lemon di campurkan 1 sendok gula pasir dan 1 sendok madu
  • Campurkan semua bahan dalam satu wadah
  • Tempelkan scrub tersebut pada bagian yang berkomedo
  • Pijit perlahan dengan arah melingkar
  • Diamkan 5-10 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Sangat dianjur kan untuk melakukan ini 1-2 kali dalam seminggu. Bukan hanya sebagai cara membersihkan komedo cara ini juga bermanfaat untuk mengotrol minyak berlebih di wajah.

READ  Tips Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

6. Scrub Kopi + Gula

Campuran kopi dan gula tidak hanya untuk diminum tetapi bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengangkat komedo yang ada diwajah. Serbuk kopi ini nantinya akan dibuat menjadi scrub.

Cara menghilangkan komedo menggunakan scrub kopi + gula:

  • Siapkan 2 sendok kopi dan campuran dengan sedikit air.
  • Tambahkan 1 sendok gula pasir
  • Tempelkan scrub kopi pada permukaan wajah yang berkomedo
  • Lakukan Gerakan menggosok salah satu titik wajah minimal 1 menit.

7. Es Batu + Jeruk Nipis

Es batu yang digunakan bukanlah es batu biasa seperti yang digunakan untuk minum. Es batu yang dimaksud adalah es batu dari aie jeruk nipis yang telah direbus hingga mendidih lalu dimasukan kedalam lemari es.

Sebelum menggunakan es batu air jeruk pastikan wajah anda dalam kondisi bersih sudah tidak ada lagi debu dan setelah itu anda bisa langsung mengaplikasikan es batu ini untuk wajah anda. Caranya pun sangatlah mudah, cukup tekan-tekan wajah menggunakan es batu secara perlahan khususnya pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat. Tentunya cara ini akan menghilangkan komedo yang ada disekitaran jerawat.

8. Lidah Buaya

Cara ini umunya digukana untuk perawatan rambut tetapi faktanya gel lidah buaya mengadung vitamin E dan asam folat yang juga bermanfaat untuk kulit. kedua kandungan ini bisa dengan efektif menghilangkan komedo di wajah.

Untk menghilangkan komedo maka oleskan gel lidah buaya di permukaan wajah. Diamkan zat tersebut selama kurang lebih 10-15 menit setelah itu basuhlah dengan menggunakan air hangat.

Tags: