Tips Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit kepala adalah rasa sakit yang ditimbulkan karena adanya rasa sakit dibagian kepala atau leher. Biasanya sakit kepala yang sering kita alami adalah terjadi karena ketegangan otot-otot di daerah kepala, Pundak, leher, sampai rahang. Tipe sakit kepala seperti ini biasanya akan berlangsung selama 30 menit hingga beberapa jam. Jika penyebabnya tidak kita tangani maka akan terjadi lebih lama lagi. Rasa sakit kepala ini biasanya dimulai dari bagian belakang kepala lalu menjalar ke bagian depan.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Dengan Cepat

1. Pijat ringan

Tips selanjutnya untuk mengatasi sakit kepala adalah memijat bagian yang sakit menggunakan jari telunjuk atau ibu jari secara perlahan dan konstan selama 7-15 lalu lepaskan. Ulangi sampai merasakan sakit kepalanya berkurang. Hindari pijatan yang terlalu kencang.

2. Makan

Sakit kepala mungkin juga diakibatkan karena kurangnya asupan nutrisi pada tubuh kita. Maka cobalah makan camilan atau minum the manis terlebih dahulu usahakan untuk makan selalu tepat pada waktunya agar terhindar dari sakit kepala yang diakibatkan oleh penurunan kadar gula darah.

3. Jangan lupa minum air

Jika kita mengalami dehidrasi maka salah satu efeknya kita akan merasakan sakit kepala, dan jika rasa sakit kepala kita disebabkan oleh dehidrasi maka salah satu caranya kita harus minum segelas air untuk menghilangkan rasa sakit itu.

4. Peregangan

Sakit kepala yang kita alami mungkin karna tegangnya otot-otot di bagian Pundak dan leher. Ketegangan ini dapat diakibatkan oleh stress, kelelahan, atau posisi duduk dan tidur yang sama untuk waktu yang terlalu lama. Jika hal ini terjadi maka kita bisa melakukan peregangan sederhana seperti tekuk kepala kita ke satu sisi kemudian putar perlahan kea rah bawah membentuk Gerakan setengah lingkaran, biarkan dagu kita menyetuh dada, kita bisa mengulangi kembali Gerakan sama ke sisi yang berlawanan

READ  Jenis Asupan Nutrisi Yang Penting Jika Kita Mengalami Patah Tulang

5. Istirahat di ruang gelap

Jika kita mengalami sakit kepala dikala sedang melakukan aktifitas sehari-hari, maka hal pertama adalah segeralah mencari tempat duduk untuk berbaring atau duduk sekedar duduk. Usahakan kita beristirahat di tampat yang tenang dan agak gelap. Hindari kebisingan yang berasal dari lingkungan sekitar. Tenangkan diri kita dan cobalah melemaskan bagian kepala serta punduk.

6. Relaksi

Jika kita mengalami rasa sakit kepala maka hal yang perlu kita coba adalah bermeditasi. Kita bisa bermiditasi menggunakan Teknik meditasi untuk meredakan sakit kepala kita. Pejamkan mata, atur napas, bayangkang kita sedang berada di tempat favorit dan nyaman maka otomatis sakit kepala kita akan berangsur-angsur menghilang.

7. Kompres kepala

Teknik selanjutnya adalah dengan melakukan Teknik kompres dingin dan kompres panas. Kompres kepala pada bagian kening atau leher menggunakan lap hangat. Hal ini akan membuat peredaran darah lancer dan mengendurkan otot-otot yang kaku. Setelah itu lanjutkan dengan mengompres dingin. Efek dingin yang ditimbulkan akan mengecilkan pembuluh darah.

Tags: