Tips Memutihkan Gigi Dengan Cara Alami

Merawat gigi tidak akan cukup hanya dengan menggosok gigi saja, namun anda juga perlu menjauhi kebiasaan buruk yang dapat memicu gigi anda menjadi kuning. Namun jika gigi anda sudah terlanjur dengan berubah warna menjadi kuning. Anda tidak perlu khawatir, karna berikut adalah tips sederhana untuk memutihkan gigi secara alami.

Bahan Alami Untuk Memutihkan Gigi

1. Baking soda dan jus lemon

Baking soda mempunyai butiran bertekstur agak kasar yang dapat menangkis noda yang menempel di gigi kita. Baking soda bersifat basa yang berfungsi dapat menetralkan asam di mulut kita akibat oleh residu makanan dan bakteri. Asam dapat merusak enamel gigi. Baking soda juga akan bertindak sebagai agen penyeimbang asam dari jus lemon, yang berfungsi sebagai pemutih. Dan kita bisa menggunakan jus lemon dan air putih sebagai pelarut baking soda tiap beberapa hari sekali untuk menghindari kerusakan gigi. Cara penggunannya:

  • Campur rata baking soda dan perasan air lemon secukupnya.
  • Letakkan adonan pasta lemon dan baking soda tersebut diatas sikat gigi.
  • Sikat secara merata dan diamkan hingga 1 menit.
  • Kumur dengan air bersih untuk menghindari kerusakan enamel gigi.

2. Stroberi, garam, dan baking soda.

Stoberi mengandung vitamin C tinggi, yang berfungsi bisa menghancurkan plak penyebab gigi kuning. Buah stoberi ini juga kaya akan enzim asam maleat yang akan melunturkan noda di permukaan gigi. Garam berfungsi sebagai scrub yang akan menghancurkan kotoran membandel. Baking soda adalah bahan opsional dalam scrub. Cara penggunaannya:

  • Tumbuk 2 buah stroberi dan tambahkan garam laut dengan soda kue secukupnya.
  • Aduk hingga rata. Lalu letakkan adonan tadi pada pasta gigi anda.
  • Sikat secara rata pada gigi seperti biasa.
  • Diamkan hingga 5 menit, lalu kumur kumur dengan air bersih.
  • Lakukan secara rutin tiap malam.
READ  Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Dengan Alami

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki manfaat sebagai cara alami untuk memutihkan gigi kita dengan cara berkumur. Mungkin rasanya tidak enak tetapi terbukti efektif mengembalikan warna gigi. Senyawa lauric acid yang ada dalam minyak kelapa berfungsi membasmi plak dan bakteri penyebab gigi kuning. Minyak kelapa juga akan menjaga kesehatan gusi dan bau mulut tetap segar. Cara penggunaannya:

  • Siapkan 1 sendok minyak kelapa.
  • Kumur secara meluruh dan merata pada mulut dan jangkau setiap gigi dengan lidah.
  • Gosok perlahan selama 10-15 menit, dan buang lalu kumur dengan air bersih.
  • Lakukan cara seprti setiap pagi secara rutin.

Perhatikan Aktivitas Pola Hidup

– Membasmi minum teh, kopi dan soda

Lapisan terluar yang ada pada gigi yaitu enamel akan menipis seiring usia. Sehingga akan membuat lapisan selanjutnya yaitu dentin akan tampak lebih kuning. Penting untuk memulai gaya hidup sehat. Misalya membatasi minuman yang dapat meninggalkan noda di gigi, seperti the, kopi, dan soda, agar gigi tetap putih.

– Berhenti merokok

Tembakau pada rokok merupakan salah satu noda yang ada pada gigi yang akan sulit untuk dibersihkan. Noda tersebut akan menembus enamel di gigi. Semakin lama kita merokok, maka noda tembakau yang ada pada gigi kita akan masuk semakin dalam, sehingga dapat menyebabkan radang gusi, bau mulut hingga kanker.

Tags: