Tips Menambah Berat Badan Ideal

Setiap orang pasti mempunyai permasalahan yang sama terkait berat tubuh mereka masing-masing, baik itu berat badan yang berlebih ataupun berat badan yang kurang. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang menambah berat badan tubuh yang ideal. Menambah berat badan bukanlah perkara mudah bagi kita yang memilki tubuh kurus sejak lahir.

Memiliki tubuh yang kurus selalu menjadi persoalan jika penyebabnya adalah kekurangan nutrisi atau mengalami penyakit tertentu. Belum lagi jika memandang kondisi tersebut dapat memburuk. Ada cara sehat yang dapat ditempuh agar kita dapat menambah berat badan kita sehingga mendapatkan berat badan ideal.

Memperoleh Berat Tubuh Yang Ideal

Terlepas dari bahan-bahan medis. Kita bisa melakukan penambahan berat badan kita secara sehat dan aman dengan mengikuti cara dibawah ini:

  • Pilih makanan sehat yang bernutrisi

Cara terbaik untuk bisa menambah berat badan kita adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang penuh dengan nutrisi sebanyak mungkin seperti makanan berlemak dan makanan dengan kadar gula yang tinggi. Konsumsi juga lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe dan daging ayam tanpa kulit.

  • Makan lebih sering dan banyak

Orang kurus biasanya selalu merasa sering lapar. Daripada makan 2-3 kali sehari dalam porsi besar. Lebih baik makan 5-6 kali sehari dalam porsi-porsi yang lebih kecil.

  • Mengonsumsi jus atau smoothies

Kita disarnkan meminum kalori seperti buah dan smoothies pada saat makan terutama saat kita tidak berselera mengonsumsi camilan atau makanan apapun. Hindari minuman bersoda, kopi, serta minuman ringan lain yang tidak mengandung nutrisi.

  • Mengonsumsi cemilan

Di sela-sela jam makan kita utamakan kita selalu menambah cemilan yang bernutrisi seperti buah kurma, jagung rebus, kacang kedelai, alpukat, dan salad sayur. Dan sebaiknya kita hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng dalam minyak.

  • Tambahkan kalori
READ  Membuat Bubur Bayi Sehat

Tambahkan kalori dalam tiap makanan kita. Misalnya kita bisa menambahkan taburan keju pada roti atau menambahkan telur dadar pada sup ayam. Meski demikia kita harus tetap berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan glukosa atau lemak tidak sehat di dalam tubuh.

  • Minum saat makan atau 30 menit setelah makan

Minum banyak air sebelum makan dapat membuat tubuh kenyang. Sebaliknya jika minum tengah makan atau 30 menit setelahnya, ini akan membuat tubuh kita menyerap lebih banyak kalori.

  • Membiasakan diri untuk olaharaga

Olahraga yang melatih  kekuatan dapat meningkatkan berat badan dengan cara membentuk otot kita. Selain itu olaharaga juga bisa berguna untuk membangkitkan dahaga nafsu makan kita bertambah. Padukan olahraga dengan konsumsi camilan yang kaya protein seperti susu cokelat rendah lemak. Minuman ini juga dikonsumsi sebelum tidur.

  • Istirahat yang cukup

Kurangnya waktu dan kualitas tidur berpotensi membuat metabolism tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Tidur dan bangun dalam jumlah waktu yang baik dapat membantu menjaga berat badan.

Menambah Berat Badan Setelah Sakit

Sakit dalam waktu yang cukup lama akan membuat kita kehilangan nafsu makan menurun dan membuat berat badan kita menurun juga. Pada fase ini tubuh sangat membutuhkan makanan dengan kalori, protein, vitamin, mineral, dan nutrisi yang cukup untuk kembali pulih.

Berikut adalah beberapa makanan yang disarankan bisa menambah berat badan kita setelah mengalami sakit dalam waktu yang lama:

  • Smoothies, bubur dan sayur
  • Telur rebus, tahu, sup ayam, roti gandum dengan keju
  • Susu, bubur, oatmeal, kentang rebus, ubi rebus dan pisang

Menambah nafsu makan pada saat dan setelah sakit merupakan upaya yang tidak mudah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menambah nafsu makan kita kembali:

  • Berjalan-jalan sebentar sebelum makan diharapkan dapat membangkitkan selera makan kita
  • Konsumsi makanan kesukaan kita
  • Makanan manis dapat membangkitkan selera makan. Padukan bahan seperti madu dan susu pada jus
  • Mengonsumsi suplemen dan vitamin.
READ  Mengobati Luka Bakar Knalpot atau Setrika

Dengan mengikuti tips yang ada diatas, Anda bisa menambah berat badan Anda. Dan tubuh yang lebih berisi serta sehat, bukan lagi sekadar impian.

Tags: