Tips Mengatasi Cacar Air Agar Tidak Membekas

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan karena serangan virus. Penyakit yang bersifat menular ini tak hanya terjadi hanya terjadi pada anak-anak namun juga orang dewasa. Maka dari itu jangan salah apabila kamu masih menemukan jika masih ada orang dewasa yang terkena cacar air. Cacar air diawali dengan gejala menyerupai flu, nyeri otot demam yang diikuti dengan munculnya ruam pada kulit. Ruam ini lama kelamaan akan menjadi bintik-bintik merah pada kulit.

Obat cacar bertujuan untuk mengobati gejala yang menyertai namun bitnik yang pecah kerap menyisakan bekas luka yang sulit dihilangkan. Nah berikut adalah beberapa tips agar cacar air tidak menimbulkan bekas pada wajah kita yang menganggu penampilan kita.

Cara agar cacar air tidak menghilangkan bekas :

  1. Jangan menggaruk bitnik-bintik merah

Pucat akibat penyakit cacar air memang terasa sangat gatal dan menggangu kenyamanan. Namun sebaiknya kamu tidak mengaruk bintik-bintik merah ini karena jika pecah dapat menimbulkan luka membekas pada kulit anda. Dan anda juga disarankan untuk menggunakan pakaian yang menutup seluruh lapisan kulit dengan baik. Jangan lupa untuk memotong kuku.

  1. Mandi dengan air hangat

Keadaan tubuh yang lembab dan tidak bersih dapat membuat bakteri yang ada ditubuh kita semakin banyak dan resiko infeksi yang lebih besar. Luka yang terinfeksi  akan meninggalkan bekas luka yang lebih sulit untuk dihilangkan dengan cara kita membersihkan tubuh kita menggunakan air hangat + cairan anti bakteri tubuh kita juga akan terjaga kelembapan dan kebersihannya.

  1. Konsumsi makanan gizi seimbang

Makanan gizi seimbang akan membuat daya tubuh dan system imun kita semakin baik dan seimbang. Dengan ini regenerasi system kulit kita menjadi lebih cepat sehingga proses penyembuhan pun dapat lebih efektif.

  1. Gunakan bahan alami
READ  Tips Menambah Berat Badan Ideal

Meski belum ada penelitian yang menjawab tentang penyakit cacar bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami, tidak ada salahnya jika kita mencoba mengonsumsi bahan alami seperti mengkudu, kacang hijau, temulawak, daun jarak, cendana, dan bengkuang.

Tags: