Tips Mengatasi Sakit Gigi Dengan Alami

Meskipun keliatannya gigi adalah organ tubuh yang ukurannya kecil namun rasa sakit yang ditimbulkan oleh sakit gigi bisa sangat mengganggu kenyamanan dalam beratifitas, sakit gigi bisa disebabkan oleh beragam hal, efek rasa sakitnya pu tidak hanya timbul dibagian gigi saja tetapi timbul di bagian gusi dan mulut. Cara meredakan sakit gigi tidak melulu harus menggunakan obat yang dijual toko obat, tetapi kita juga bisa meredakan rasa sakit gigi kita dengan bahan-bahan herbal yang cukup mudah kita dapat. Berikut adalah bahan-bahan yang bisa mengatasi rasa sakit gigi:

  • Kompres dengan menggunakan es, menggunakan metode ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gigi dan gusi yang bengkak. Caranya dengan melapisi batu es dengan kain kemudia tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit selama kurang lebih 20 menit.
  • Minyak cengkeh, menurut beberapa survei penelitian minyak cengkeh dapat digunakan sebagai cara menghilangkan rasa sakit gigi, caranya adalah: tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tambahkan minyak zaitun secukupnya, kemudian gigit supaya tetap berada di gigi yang sakit. Didalam minyak cengkeh terkandung bahan kimia eugenol yang berperan sebagai anti bakteri, antiradang dan Pereda nyeri.
  • Kunyah bawang putih, caranya adalah dengan mengupas satu suing bawang putih terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua, kemudian letakkan di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih tersebut. Karena bawang putih diketahui memilki efek anti bakteri yang dapat membantu melawan kuman di gigi dan mulut, serta peradangan yang menyebabkan sakit gigi.
  • Berkumur dengan air garam, cara terakhir mengatasi rasa sakit gigi dengan mudah adalah berkumur dengan air garam. Cukup campurkan satu gelas air hangat dengan satu sendok air garam, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik lalu buang, air garam berfungsi sebagai desinfektan alami dan dapat meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang nyeri.
READ  Tips Menu Diet Sehat & Memilih Makanan

Selain menggunakan beberapa bahan diatas, ternyata masih ad acara lain untuk meredakan sakit gigi yaitu dengan cara meletakan kantung the celup hangat ke bagian gigi yang sakit. Cara mencegah agar tidak terjadi sakit gigi adalah kita harus rutin membersihkan gigi agar tidak ada bakteri yang menempel di gigi yang akan membuat gigi kita menjadi sakit. Gunakan benang gigi untuk membersihkan makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Jangan biarkan sakit gigi menganggu aktivitas kita, cobalah lakukan cara meredakan sakit gigi yang telah disebutkan di atas, jika cara tersebut belum juga bisa meredakan sakit gigi anda maka berkonsultasi lah dengan dokter gigi.

Tags: