Tips Mengatasi Sariawan Dengan Bahan Alami

Sariawan adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal kelompok umur dan jenis kelamin. Penyebab dari sariawan ini pun beragam mulai dari infeksi, kekurangan vitamin atau mineral, tidak sengaja mengigit lidah dengan keras atau bagian dalam pipi, stress dan masih banyak lagi. Biasanya untuk sariawan ini tidak membutuhkan pengobatan khusus karena sariawan ini bisa sembuh 1-2 minggu. Dan penggunaan obat sendiri itu berguna untuk mengurangi rasa sakit pada sariawan. Tetapi sekarang sudah ada bahan-bahan alami yang bisa mempercepat penyembuhan sariawan.

Menyembuhkan Sariawan Dengan Cepat

Untuk meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan sriawan, ada beberapa bahan alami atau obat yang bisa digunakan, yaitu:

1. Es batu

Nyeri yang diakibatkan oleh sariawan kerab membuat malas makan dan minum. Agar bisa mengunyah makanan atau minum air dengan lebih nyaman. Kamu bisa mengemut es batu pada daerah sariawan agar nyeri yang ditimbulkan oleh sariawan tidak begitu berasa.

2. Obat kumur 

Obat kumur berguna membasmi bakteri penyabab penyakit di mulut. Obat ini juga dapat mengobati pendarahan dan peradangan di gusi. Namun perlu anda ketahui efek dari penggunaan obat kumur ini bisa mengakibatkan gigi dan lidah menjadi kecokelatan.

3. Obat oles

Kandungan yang terdapat pada obat oles adalah kortikosteroid, benzocaine atau fluocinonide dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh sariawan dan bisa berguna untuk mempercepat penyembuhan.

4. Akar manis dan daun saga

Daun saga dan akar manis telah lama dipercaya bisa berguna mengobati sariawan. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat karena memiliki kandungan antibakteri, antiradang, dan antioksidan. Berbagai kandungan tersebut yang membuat daun saga bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Cara penggunaanya dengan cara dikunyah atau letakkan pada titik dimana sariawan itu muncul.

READ  Menyembuhkan Tumor Dengan Bahan Alami

5. Daun sirih

Daun sirih sering dikonsumsi dengan cara dikunyah. Tanaman yang umum dipakai dalam pengobatan tradisional ini memiliki beberapa khasiat. Di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Itulah mengapa tanaman ini bisa digunakan sebagai obat herbal yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut.

6. Madu

Madu dipercaya bisa mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka. Termasuk luka akibat sariawan ini. Untuk cara penggunaannya sendiri madu hanya cukup dioleskan saja sebanyak 4 kali sehari kebagian dimana sariawan itu muncul. Kami sarankan untuk menggunakan madu yang alami tanpa ada campuran bahan lain.

7. Minyak kelapa

Ternyata minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan herbal yang bisa mempercepat penyembuhan dan penyebaran sariawan dengan cara cukup dioleskan saja kebagian yang terkena sariawan. Minyak kelapa ini berguna untuk menghentikan penyebaran infeksi bakteri dan mengurangi kemerahan serta nyeri sariawan.

Namun harus kita ketahui bahan-bahan alami yang telah disebutkan tadi meskipun secara turun menurun dipercaya ampuh bisa mengatasi sakit yang disebabkan oleh sariawan tetapi harus masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektifitas dan keamanan setiap bahan. Untuk lebih lanjutnya kita bisa berkonsultasi dengan dokter gigi.

Tags: