Tips Menghilangkan Pilek Dengan Alami

Infulenza atau yang sering kita kenal dengan istitlah pilek adalah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus rhinovirus. Biasanya virus ini menyerang dimusim pancaroba dan musim hujan. Setiap orang yang terkena virus pasti akan tersiksa dengan saluran hidung yang tersumbat atau meler, jangan cemas karna pada saat ini banyak cara-cara alami untuk mengatasi penyakit pilek ini dengan cepat.

Cara Mengatasi Pilek Dengan Mencoba Dirumah

Cara pertama untuk meredakan pilek, yaitu dengan mencobanya dirumah dengan berbagai cara atau obat alami yang efektif meredakan gejala pilek seperti hidung tersumbat, tenggorokan gatal, bersin-bersin, dan badan lemas. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan dirumah.

1. Menghirup uap hangat

Menghirup uap hangat dapat dijadikan obat pilek alami karena membantu mengercerkan lendir sekaligus melemaskan saluran hidung yang bengkak. Dengan melakukan cara ini kita tidak harus lagi kepayahan untuk sekedar barnapas.

Cara penggunannya:

  • Isi baskom dengan air panas, bisa juga dengan ditambahkan beberapa tetes minyak esensial dan posisikan kepala kita menunduk tepat diposisi permukaan air.
  • Tutupi kepala dengan handuk lebar dan tebal agar uap panasnya tidak kabur kemana-mana.
  • Pastikan jarak air dengan kepala kita tidak terlalu jauh atau dekat.

2. Banyak istirahat di rumah

Jangan anggap remeh penyakit pilek ini karna penyakit ini bisa menular ke setiap orang lewat penyebaran udara ketika kita berbicara, batuk dan bersih. Memaksakan diri untuk tetap beraktivitas dan berinteraksi dengan banyak orang akan meningkatkan resiko penularan ke setiap orang, oleh itu kita sarankan untuk anda yang terkenan penyakit ini untuk beritirahat dulu dirumah agar bisa memperbanyak waktu istirahat anda, dengan cukupi waktu tidur selama 7-8 jam dalam sehari. istirahat adalah obat alami yang paling manjur untuk mengobati penyakit pilek.

READ  Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Namun jika anda tetap akan melakukan aktifitas dengan seperti biasanya, pakailah masker mulut untuk menghindari penularan penyakit ke orang lain.

3. Minum air putih

Untuk cara ke 2 ini kita harus banyak meminum air putih hangat selama sakit pilek. Selain untuk mencegah dehidrasi. Cara ini juga dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan melembapkan tenggorokan kita. Dengan begitu kita tidak lagi merasa kepayahan menghadapi gejala pilek.

Sebenarnya kita juga bisa mendapatkan asupan cairan dari minuman lain seperti jus buah asli, air jahe dan the hangat. Hindari minuman kemasan yang mengandung gula yang sangat tinggi. Dan hindari minuman ber alcohol dan minuman yag mengandung kafein tinggi selama kita mengalami sakit ini.

4. Penuhi asupan vitamin C

Vitamin C mempunyai segudang manfaat dalam tubuh, termasuk meningkatkan system imunitas tubuh kita. ketika tubuh kita sakit maka kadar vitamin C dalam tubuh akan menurun. Dengan kita lebih banyak mengonsumsi vitamin C saat sedang sakit maka system imun yang meningkat akan membantu kita pulih lebih cepat dari penyakit pilek.

Obat pilek alami ini bisa kita temukan dengan buah dalam buah-buahhan dan sayuran seperti jeruk, lemon, tomat, jambu, paprika, kiwi, brokoli, papaya, dan stroberi. Tetapi suplemen vitamin C tidak selalu dibutuhkan oleh semua orang. Dan apabila jika kita ingin menggunakannya baiknya kita konsultasikan dulu dengan dokter.

Obat Alami Mengatasi Pilek

Berbagai obat alami bisa mengatasi pilek. Dan menariknya sebagian besar herbal ini bisa kita temukan dengan mudah di dapur rumah kita.

1. Jahe

Jahe ternyata juga berpotensi menjadi obat pilek alami untuk keluarga dirumah kita. Jahe sudah diketahui efektif melemaskan otot saluran pernapasan untuk melegakan hidung tersumbat sehingga kita jadi lebih lancer bernapas. Jahe juga menangkal rasa mual akibat terus-menerus buang ingus atau dahak. Dan bisa mengembalikan stamina saat tidak enak badan karena pilek.

READ  Mengatur Pola Makan Untuk Menunjang Aktifitas Anda

Caranya:

  • Cukup racik jahe menjadi wedang jahe.
  • Siapkan 2 ruas jahe dan cuci hingga bersih.
  • Jahe yang sudah bersih lalu digeprek atau bisa diparut.
  • Lalu rebus dengan air mendidih, saring air rebusan jahe tersebut.
  • Jika rasa jahe yang terlalu panas ditenggorokan kita bisa menambah sedikit gula sebagai pemanis.
  • Minum selagi hangat.

2. Garam

Bahan ke dua yang bisa menjadi bahan alami Pereda pilek adalah garam. Garam dapat membantu mencegah gejala pilek jadi semakin parah. Karena faktanya larutan garam dapat membantu mencairkan lendir yang lengket dan menempel di dinding hidung serta tenggorokan. Dengan cara cukup mengkumurkan air garam hangat dimulut kita selama beberapa detik.

Caranya:

  • Larutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air hangat.
  • Kumur-kumur air garam selama beberapa detik lalu buang airnya.
  • Jangan ditelan airnya!

3. Daun mint

Bahan alami selanjutnya untuk mengatasi pilek adalah dengan menggunakan daun mint. Daun mint memiliki aroma pedas dingin yang menyegarkan ini sering digunakan pada makanan dan minuman, atau bakan sebagai ramuan pijat.

Ekstrak daun mint diketahui memiliki cara kerja yang mirip seperti obat dekongestan untuk membantu mencairkan lendir penyebab hidung yang mampet. Sensasi hangat yang ditimbolkan dari menthol juga berguna melancarkan aliran udara dalam saluran nafas. Tak heran jika banyak obat pilek dan flu di pasaran mengandung ekstrak menthol daun mint.

4.  Madu

Madu selain berguna sebagai pemanis alternative, ternyata madu juga menyimpan banyak potensi manfaat buat kesehatan. Sifat madu sebagai antimikroba yang bisa membantu system imun tubuh lebih efisien melawan peradangan akibat pilek. Jika ingin mengonsumsi madu sebagai obat pilek ini konsumsi lah pada pagi dan malam hari, jika dirasa terlalu manis atau kental, larutkanlah dalam minuman hangat seperti teh atau air lemon. Selain efektif meredakan pilek segelas madu dan air hangat juga bisa mencegah dehidrasi.

READ  3 Tanda Jika Kita Terlalu Sering Mastrubasi

Tidak boleh memberikan madu sebagai obat pilek kepada bayi yang berusia kurang dari 1 tahun karna dapat menyebabkan penyakit botulisme pada bayi.

5. Sup ayam dengan bawang putih

Manfaat bawang putih sebagai bahan alami untuk mengatasi pilek akan sangat manjur apabila kita memakannya mentah mentah. Namun jika enggan memakannya mentah-mentah anda tidak usah khawatir. Anda bisa menumis bawang putih dengan dicampur dalam masakan sehari-hari. Salah satu mengonsumsi bawang putih yang paling mudah dengan mengolahnya menjadi sup ayam.

Ayam dan bawang putih bisa jadi panduan yang sangat tepat untuk menyembuhkan pilek. Sebab dalam daging ayam terdapat juga zat yang disebut carnosine yang membantu mengurangi gejala pilek. Selain itu uap hangat yang ditimbulkan dari sup ayam juga bisa melegakan hidung yang sedang tersumbat.

Tags: