Tips Mengobati & Mencegah Penyakit Diabates

Meskipun ada beberapa tanda hipoglikemia atau kondisi saat kadar gula darah kita rendah dan ada juga beberapa orang yang tidak merasakan jika kadar gula darahnya rendah atau tinggi. Nah berikut adalah tips menjaga kadar gula darah tetap normal:

1. Kurangi makan gula

Untuk yang mempunyai penyakit diabetes disarankan untuk melakukan diet rendah gula supaya menjaga kadar gula darah tetap stabil. Sebagai gantinya kita bisa memakan makanan tinggi protein dan serat. Misalnya seperti buah yang kandungan gulanya rendah serta sayuran hijau. Tips ini juga berlaku untuk kita yang mencegah penyakit diabetes karna pada dasarnya lebih baik mencegah dari pada mengobati.

2. Hindari yang membuat stress

Tubuh dan pikiran yang stress akan membuat kadar gula kita tinggi kembali. Kadar gula darah meningkat ini terjadi akibat pelepasan hormone kortisol yang terlalu banyak. Stress membuat kita menambah nafsu makan semakin tinggi yang akan membahayankan kondisi tubuh kita, solusinya adalah dengan melakukan olahraga dan meditasi yang bisa mengurangi stress kita.

3. Istirahat cukup

Dengan istirahat yang cukup akan membuat tubuh kita tetap dalam keadaan stabil. Pasalnya ketika kita kurang istirahat akan memicu perbuhan hormone tubuh termasuk hormon insulin yang mengatur kadar gula darah. Pada akhirnya kurang tidur akan membuat kondisi diabetes kita semakin buruk atau mempermudah kadar gula darah kita naik kembali.

4. Selalu rajin mengecek kadar gula darah

Manfaat dari kita sering mengecek kadar gula kadar gula darah, kita bisa melihat acuan tentang perkembangan kondisi kita saat ini baik atau buruk.  Rutin cek gula darah juga membantu kita tahu bagaimana tubuh kita bereaksi dengan makanan tertentu, sehingga kita bisa mengatur menu makan kita dengan lebih tepat.

READ  Membuat Masker Wajah Lidah Buaya

5. Olahraga teratur

Olahraga teratur adalah kunci penting untuk menjaga kadar gula darah normal, olaharaga dengan teratur juga bisa membantu mengotrol kadar gula darah kita dalam tubuh. Olahraga teratur membantu badan kita bisa menggunakan hormone insulin lebih optimal dan mencegah terjadinya resistensi insulin.

Bagi kita yang mengalami diabetes olahraga bisa membuat hormone insulin bisa bekerja lebih baik, sehingga gula darah dapat diolah dengan optimal. Manfaat dari olaharaga juga bisa membakar kalori dan membangun otot-otot baru pada tubuh dan berdampak pada berat badan badan kita yang akan stabil dan membantu untuk menurunkan berat badan kita menjadi lebih mudah.

Manfaat lain dari olaharaga secara teratur adalah mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker yang mungkin muncul akibat komplikasi diabetes. Contoh olahraga yang bisa kita lakukan seperti olaharaga renang, yoga, jalan-jalan sore, bersepeda dan hiking.

6. Kurangi berat badan

Kadar gula darah normal akan lebih bisa dikendalikan apabila kita mempunya berat tubuh yang ideal dan normal, tidak berlebihan tapi tidak juga kekurusan.bahkan seorang ahli dibidang endokrinologi merekomendasikan khusus para diabetes kurangi 2-5 kilogram berat badan untuk meraih manfaat positif bagi keseimbangan kadar gula darah.

Obat Gula Darah (Diabetes)

Obat gula darah dibutuhkan saat kita sudah terdeteksi mengalami diabetes 1 ataupun diabetes tipe 2, atau pada kondisi khusus yang dianjurkan oleh dokter kita.

Obat diabetes tipe 1:

Insulin

Indulin dalam konteks adalah obat buatan yang berfungsi sebagai obat gula darah. Insulin adalah jenis obat yang paling umum digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 1 dan beberapa kasus diabetes tipe 2. Ada berbagai jenis obat gula darah yang berbentuk insulin. Jenis insulin yang kita biasa gunakan tergantung pada seberapa parah hormone insulin pancreas kita yang sudah tidak bisa diprosuksi.

  • Insulin aksi cepat (insulin aspart, insulin glulisine, insulin lispro)
  • Insulin yang menjaga kadar gula darah jangka pendek (insulin regular)
  • Insulin aksi intermediate (insulin isophane)
  • Insulin jangka waktu lama (insulin degludec, detemir glargine)
  • Insulin kombinasi. Gabungan dari beberapa jenis insulin
READ  Menyembuhkan Tumor Dengan Bahan Alami

Obat amylinomimetic

Tidak insulin yang bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh kita tetapi ada juga obat lain seperi obat amylinomimetic yang juga harus disuntik sebelum makan. Obat ini bekerja dengan menunda perut kita untuk cepat kosong.

Obat diabetes tipe 2:

Obat gula darah untuk diabetes tipe 2 kebanyakan berbentuk oral atau diminum, ini bedanya dengan tipe1. Akan tetapi ada beberapa diabetes tipe2 yang butuh obat gula darah dengan injeksi atau suntik. Antara lain:

Alpha-glucoside inhibitor

Obat gula darah jenis ini sangat dibutuhkan untuk membantu tubuh mencegah makanan bertepung atau makanan yang mengandung gula. Obat ini akan menurunkan kadar gula darah kita. Obat ini harus dikonsumsi sebelum makan, contoh obat ini seperti Acarbose (precise), dan Miglitol (glyset).

Biguanides

Obat gula darah ini akan menurunkan jumlah gula darah dalam hati kita. Obat gula darah ini bekerja dengan menurunkan penyerapan gula darah di usus kita. Obat gula darah ini yang biasa digunakan adalah metformin (Glucophage, Metformin Hydrochloride ER, Glumetza, Riomet, Fortamet)

Dopamine agonist

Obat ini bekerja untuk memengaruhi irama metabolism di tubuh dan mencegah resistensi insulin. Contoh obat ini adalah bromocriptine (Parlodel)

DPP-4 inhibitors

Obat gula darah ini berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah tanpa menyebabkan hipoglikemia. Obat gula darah ini akan membantu pancreas membuat lebih banyak insulin. Contoh obat ini adalah alogliptin (Nesina), linagliptin (Tradianta), saxagliptin (Onglyza), sitagliptin (Januvla)

Tags: