Tips Sehat Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Untuk para penderita diabetes kita harus sering-sering mengecek kadar gula darah kita agar kita dapat mengetahui apakah kadar gula kita masih normal dan tetap stabil. Karna kadar gula darah tidak teratur bisa membahayakan kondisi kesehatan mereka menjadi makin parah, termasuk juga anda yang mempunyai keturunan diabetes harus sering mengukur kadar gula darah dengan rutin.

Jadi kalua ternyata kadar gula darah kita rendah atau tinggi kita bisa cepat mengatasinya dengan pemberian obat atau dengan pengobatan lainnya seperti menjaga pola makan kita. Pahami seberapa besar kadar gula darah yang dianggap normal dan tinggi/rendah.

Berapa kadar gula darah normal?

Cek kadar gula darah sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan kita.

Meskipun kita tidak terkena penyakit diabetes dan tidak mempunyai keturunan diabetes, tetap saja mengecek kadar gula tetaplah penting. Sebab bisa saja kadar gula darah kita tinggi atau kadar gula darah dalam tubuh rendah tanpa disertai gejala atau tanda yang mudah terlihat.

Beda lagi jika terkenan diabetes maka cek gula darah pastinya sangat harus dilakukan agar bisa menjaga kadar gula darah normal atau stabil. Batas kadar gula darah normal tentunya berbeda-beda berdasarkan tes gula darah yang kita lakukan. Berikut batas kadar gula darah normal pada usia dewasa:

Gula Darah Puasa (GDP)

Cek gula darah puasa akan dilakukan setelah kita berpuasa selama 8 jam. Maksud puasa ini khusus puasa makan dan minum-minumman mengandung energi atau gula. Yang hanya diperbolehkan hanya minum air putih.

Pada tes ini kita dapat mengetahui apakah kadar gula darah kita normal, termasuk dalam prediabetes, atau mengalami diabetes. Berikut kriteria kadar gula darah normal berdasarkan GDP:

  • Kadar gula darah normal dibawah 100 mg/dl
  • Prediabtes 100-125 mg/dl
  • Diabetes diatas 125 mg/dl
READ  Tanaman Alami Mengatasi Darah Tinggi

Gula darah 2 jam postprandial (GD2PP)

Pada tes kali ini dilakukan 2 jam setelah makan. Tes ini dilakukan untuk melihat apakah orang dengan diabetes mengonsumsi makanan yang baik atau tidak.

Berikut ini kriteria kadar gula darah normal menurut tes GD2PP:

  • Kadar gula darah normal: dibawah 140 mg/dl
  • Pre diabetes: 140-199 mg/dl
  • Diabetes: lebih dari 200 mg/dl

Gula darah sewaktu (GDS)

Tes gula darah sewaktu ini dilakukan kapanpun sepanjang hari, tanpa harus puasa dahulu. Orang sehat pasti memiliki kadar gula darah yang normal dan akan menunjukan angka kadar gula darah sewaktu yang tidak jauh berbeda sepanjang hari.

Jika hasil GDS kita berubah-ubah tiap hasil tesnya bahkan ada yang tiba-tiba bisa 200 mg/hari, ini bisa menjadi suatu tanda ada yang sedang bermasalah dengan gula darah orang tersebut. Berikut adalah kriteria kadar gula darah normal menurut test GDS:

  • Kadar gula darah normal dibawah 200 mg/dl
  • Diabetes diatas 200 mg/dl

Kadar gula darah menurut usia

Kadar gula darah usia anak dan dewasa memiliki perbedaan. Kadar gula darah pada anak-anak cenderung lebih tinggi dan mudah berubah ini berkaitan dengan kestabilan hormone tertentu sehingga kadar gula darah bisa lebih bervariasi.

Kadar gula darah normal usia 6 tahun

Untuk anak-anak usia 6 tahun kadar gula darah normal sekitar 100-200 mg/dl. Dan untuk kadar gula darah puasa nilainya sekitar 100 mg/dl. Sementara gula darah setelah makan dan sebelum tidur seharusnya sekitar 200 mg/dl, dan jika kadar gula darah anak dibawah 150 mg.dl segera konsultasikan ke dokter.

Kadar gula darah normal usia 7-12 tahun

Untuk anak-anak usia 7-12 tahun kadar gula darah normal adalah 70-150 mg/dl. Untuk gula darah puasa sekitar 70 mg/dl sedangkan kadar gula darah setelah makan dan sebelum tidur 150 mg/dl.

READ  Mengatur Pola Makan Untuk Menunjang Aktifitas Anda

Jika kadar gula darah anak anda sebelum tidur dibawah 120 mg/dl, kemungkinan anak anda membutuhkan camilan olahan gula sebelum tidur, dan untuk lebih baiknya anda bisa konsultasikan ke dokter anak.

Tanda-tanda kadar gula darah tinggi:

–          Sering merasa haus dan lapar

–          Mulut kering

–          Sering buang air kecil, terutama dimalam hari

–          Mudah Lelah

–          Sering mengalami infeksi berulang, seperti sariawan

–          Berat badan turun

–          Penghlihatan kabur

Tanda-tanda kadar gula darah rendah:

–          Pusing

–          Sering merasa kelaparan yang parah

–          Sakit kepala

–          Kemampuan berkonsentrasi menurun

–          Tubuh gemetar

–          Sering berkeringat

–          Pengelihatan kabur

Tags: